Fashion

Tajir Melintir! Ini 7 Tokoh Terkaya di Industri Fashion Dunia

Tak sekadar triliunan rupiah, harta deretan tokoh ini ada yang mencapai kuadriliun rupiah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Amertiya Saraswati

Ilustrasi merek busana Zara. (Unsplash/Silviu Beniamin Tofan)
Ilustrasi merek busana Zara. (Unsplash/Silviu Beniamin Tofan)

Dewiku.com - Industri fashion termasuk sektor yang menghasilkan deretan tokoh terkaya di dunia. Bahkan, hal ini tak hanya berlaku bagi pendiri atau CEO brand terkenal.

Sebaliknya, beberapa desainer hingga ahli waris di industri fashion pun turut mempunyai kekayaan di atas rata-rata.

Belum lama ini, laman Business Insider telah mengumpulkan daftar figur terkaya di industri fashion berdasarkan ranking Forbes' Real Time Billionaires dan Bloomberg Billionaires Index.

Total, terdapat 15 orang yang masuk ke daftar tersebut. Jika digabungkan, kekayaan mereka dapat mencapai USD 410,8 miliar atau Rp 6 kuadriliun. Berikut Suara.com rangkum 7 orang terkaya di industri fashion, termasuk pemilik merek retailer seperti Zara dan Uniqlo.

1. Leonardo Del Vecchio

Ilustrasi Ray Ban (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi Ray Ban (Pixabay/Free-Photos)

Leonardo Del Vecchio merupakan sosok pendiri perusahaan kacamata Luxoticca yang lantas mengakuisisi Sunglass Hut, Ray-Ban, dan Oakley. Mereka juga membuat kacamata untuk Chanel dan Bulgari.

Tahun 2018, Luxoticca menjadi produsen dan retailer terbesar untuk berbagai produk kacamata. Kekayaan Leonardo Del Vecchio mencapai USD 20,9 miliar atau Rp 308,7 triliun.

2. Tadashi Yanai

Ilustrasi Uniqlo. (Pixabay/calvision)
Ilustrasi Uniqlo. (Pixabay/calvision)

Berasal dari Jepang, Tadashi Yanai adalah pemilik dan pendiri merek retailer terbesar di Asia, yaitu Fast Retailing yang juga menjadi induk perusahaan Uniqlo.

Yanai mengawali karier di toko baju tepi jalan milik ayahnya dulu. Di tahun 1984, Yanai membuka toko Uniqlo yang pertama. Kini, Tadashi Yanai menjadi orang terkaya di Jepang. Kekayaannya mencapai USD 31,9 miliar atau Rp 471 triliun.

3. Alain dan Gerard Wertheimer

Ilustrasi Chanel (Pixabay/Hans)
Ilustrasi Chanel (Pixabay/Hans)

Kakak-beradik Wertheimer adalah pemilik dari rumah mode asal Prancis, Chanel. Alain adalah presdir Chanel, sedangkan Gerard mengelola divisi jam tangan di Swiss.

Alain dan Gerard mewarisi Chanel dari kakek mereka, Pierre Wetheimer di 1913. Keluarga ini juga dikenal sebagai miliarder yang enggan mengumbar kekayaan mereka. Meski begitu, harta kakak-beradik Wertheimer mencapai USD 32,3 miliar atau Rp 477,7 triliun.

4. Phil Knight

Logo Nike. (Shutterstock)
Logo Nike. (Shutterstock)

Berikutnya, ada pendiri merek sepatu terkenal Nike. Phil Knight sebelumnya merupakan atlet lari. Dia kemudian mendirikan brand Nike bersama pelatihnya.

Phil Knight memang telah pensiun dari Nike di tahun 2016 silam. Meski begitu, harta kekayaannya mencapai USD 40,4 miliar atau Rp 596,9 triliun.

5. Francois Pinault

Tajir Melintir! Ini 7 Tokoh Terkaya di Industri Fashion Dunia - 5

Francois Pinault adalah pemilik dan pendiri grup Kering yang di antaranya menaungi rumah mode Gucci dan Alexander McQueen. Dirinya juga merupakan suami dari aktris Salma Hayek.

Pebinis ini adalah orang terkaya ketiga di Perancis. Francois juga merupakan kolektor seni yang memiliki sejumlah tempat lelang dan pabrik wine. Harta kekayaan Fracois Pinault mencapai USD 42,6 miliar atau Rp 629,4 triliun.

6. Amancio Ortega

Ilustrasi brand fashion kenamaan, Zara. (Shutterstock)
Ilustrasi brand fashion kenamaan, Zara. (Shutterstock)

Pemilik grup retailer Inditex, Amancio Ortega, menempati posisi kedua terkaya dalam daftar ini. Inditex didirikan tahun 1975 silam.

Kini, Inditex merupakan induk perusahaan dari brand terkenal Zara, Pull&Bear, Bershka, Massimo Dutti, dan Stradivarius. Kekayaan Amancio Ortega sendiri disebut mencapai USD 59,6 miliar atau Rp 880,5 triliun.

7. Bernard Arnault

Store Louis Vuitton di Hong Kong (Shutterstock)
Store Louis Vuitton di Hong Kong (Shutterstock)

Terakhir, ada Bernard Arnault yang dinobatkan menjadi orang terkaya di Perancis. Harta kekayaannya dikatakan mencapai USD 88 miliar atau Rp 1,3 kuadriliun.

Bernard Arnault adalah presdir dan CEO dari LVMH, perusahaan barang mewah terbesar di dunia. Status ini membuat Bernard sekaligus menjadi orang ketiga terkaya di dunia.

LVMH sendiri merupakan induk perusahaan dari 75 merek terkenal, termasuk di antaranya Louis Vuitton, Christian Dior, Sephora, Bulgari, hingga Tiffany & Co.

Berita Terkait

Berita Terkini