Cetak Sejarah, Ini Transgender Pertama yang Bakal Ikut Kontes Miss USA

Ia juga berhasil memenangkan kontes kecantikan Miss Nevada USA.

By: Amertiya Saraswati icon Rabu, 30 Juni 2021 icon 21:00 WIB
Cetak Sejarah, Ini Transgender Pertama yang Bakal Ikut Kontes Miss USA

Kataluna Enriquez, Transgender Pertama Maju ke Kontes Kecantikan Miss USA (instagram.com/mskataluna)

Transgender bernama Kataluna Enriquez tengah menjadi sorotan setelah memenangkan kontes kecantikan Miss Nevada USA. Kataluna berhasil mencetak sejarah karena menjadi wanita transgender pertama yang menyabet mahkota kemenangan.

Melansir laman E! Online, Kataluna memenangkan kompetisi tersebut pada Minggu, 27 Juni 2021 waktu setempat di South Point Hotel Casino, Las Vegas.

Setelah memenangkan gelar Miss Nevada USA, Kataluna juga siap mencetak sejarah sebagai wanita transgender pertama yang mengikuti ajang Miss USA 2021.

Baca Juga: Syok Tahu Istrinya Transgender, Pria Ini Tuntut Mertua karena Tak Jujur

"Banyak terima kasih untuk semua orang yang sudah mendukungku dari hari pertama," tulis Kataluna lewat unggahan Instagram miliknya setelah memenangkan Miss Nevada USA.

"Komunitasku, kalian selalu di hatiku. Kemenanganku adalah kemenangan kalian. Kita baru saja membuat sejarah. Selamat pride," tambahnya.

Kataluna Enriquez sendiri tampil dengan menggunakan gaun sequin warna pelangi pada malam kemenangannya. Ia juga menulis makna gaun tersebut pada salah satu unggahannya.

Baca Juga: Ada Kontes Kecantikan Khusus Wanita yang Cantik Pakai Masker, Ini Hadiahnya

"Dalam rangka pride month, dan semua yang tidak mendapat kesempatan untuk menyebarkan warna mereka," tulisnya.

Kataluna Enriquez, Transgender Pertama Maju ke Kontes Kecantikan Miss USA (instagram.com/mskataluna)
Kataluna Enriquez, Transgender Pertama Maju ke Kontes Kecantikan Miss USA (instagram.com/mskataluna)

Ini bukan kali pertama Kataluna mencetak sejarah. Sebelumnya, Kataluna juga memenangkan Miss Silver State USA yang merupakan kontes penyisihan sebelum Miss Nevada USA.

Kataluna, yang merupakan keturunan Filipina-Amerika, awalnya berpartisipasi dalam kontes kecantikan khusus transgender di tahun 2016.

Namun, sejak awal 2020 kemarin, Kataluna mulai mencoba untuk mengikuti kontes kecantikan khusus wanita.

"Aku ingin membagikan ceritaku dan menunjukkan bahwa aku bukan hanya sekadar tubuh," ungkapnya saat diwawancara Las Vegas Review Journal.

"Dengan kontes kecantikan, orang-orang berpikir ini hanya tentang kecantikan. Tapi ini soal bagaimana kau membawakan diri, apa yang kau perjuangkan, apa yang sudah kau lakukan, dan tujuanmu," tambahnya.

Kataluna juga mengungkap bahwa ia tidak bisa menjadi diri sendiri sewaktu masih kecil. Namun, dirinya kini merasa bangga dapat menjadi transgender pertama yang memenangkan kontes kecantikan.

Baca Juga: Pakai Baju Seksi, Ratu Kecantikan Ini Dicibir sampai Alami Serangan panik

"Secara pribadi, aku belajar bahwa perbedaan bukan kekurangan, itu kelebihan. Dan perbedaanku membuatku unik, dan keunikanku akan membawaku pada tujuanku dan ke manapun aku akan pergi dalam hidup," ungkap Kataluna Enriquez.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI