Wow! Barack Obama Ternyata Jadi Inspirasi Berdirinya Brank Lokal Ini

Tak disangka, ada nama mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama di balik kisah berdirinya COTTONINK.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 17 Juli 2021 icon 10:30 WIB
Wow! Barack Obama Ternyata Jadi Inspirasi Berdirinya Brank Lokal Ini

Produk busana dari brand lokal COTTONINK. (Instagram/@cottonink)

COTTONINK merupakan salah satu brand lokal ternama yang basis jumlah penggemarnya tidak sedikit di Indonesia. Bahkan, merek satu ini telah mempunyai berbagai toko offline di pusat perbelanjaan bergengsi di beberapa kota besar Indonesia.

Namun, siapa sangka jika ada nama mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dibalik berdirinya COTTONINK. Kok, bisa?

Hal itulah yang diungkapkan oleh Brand and Marketing Director CottonInk, Ria Sarwono. Belum lama ini, ia menceritakan bahwa awal mula berdirinya brand di 2008 adalah hanya untuk membuat merchandise Barack Obama,.

Baca Juga: Peduli Lingkungan, Ullo Rilis Produk Perawatan Kulit Eco & Marine Friendly

Masih membekas dalam ingatan Ria, saat itu nama Obama tengah ramai dibicarakan di Indonesia karena baru saja terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat pada 2009.

Koleksi Cottonink. (Dok : Cottonink)
Koleksi Cottonink. (Dok : Cottonink)

Popularitas Barack Obama di Indonesia seolah meledak karena ia sempat tinggal dan bersekolah di Tanah Air, tepatnya di Menteng, Jakarta Pusat. Hasilnya, banyak orang Indonesia yang terinspirasi dan ikut merasa bangga dengan didapuknya Obama jadi Presiden AS.

"Jadi awalnya bokap gue melihat Obama yang inspiratif, jadi buat seru-seruan dia saranin buat bikin merchandise. Jadi akhirnya aku buat sebagai lucu-lucuan, kita produksi kaos 24 buah," tutur Ria saat konferensi pers bersama Shopee Pay, Jumat (16/7/2021) kemarin.

Baca Juga: Ingin Bikin Brand Lokal dari Nol? Riana Bismarak Punya Tips Ampuhnya

Kaos merchandise Obama yang dibuat bersama timnya tidaklah rumit dan cenderung simpel. Hanya kaos bergambar siluet Obama, dengan desainnya cenderung simpel dan sederhana, sesuai dengan tren kala itu.

Tak berharap banyak, ia lantas menjualkannya melalui sosial media seperti Instagram, Blogspot dan media sosial lain. Uniknya, kata Ria, merchandise yang ia dan timnya buat langsung habis terjual dalam waktu satu pekan.

Baca Juga: Uniknya Tradisi Natal Para Tokoh Dunia

"Lucunya waktu itu, aku pergi ke gym aku pakai baju itu. Terus pas lari ada yang nanya baju itu beli di mana, terus aku bilang ini jualan. Eh, dia langsung pesen 24 kaos, jadi langsung habis," ungkap Ria. (*Dini Afrianti Efendi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI