Fashion

Tips Memilih Warna Pakaian Pria, Biar Semakin Tampan Maksimal

Berikut beberapa tips memilih warna pakaian pria yang disesuaikan dengan warna kulit.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pria berjambang. (Unsplash/Mean Shadows)
Ilustrasi pria berjambang. (Unsplash/Mean Shadows)

Dewiku.com - Walau tak ada aturan pasti terkait pemilihan warna terbaik pada pakaian, setiap orang dapat terlihat lebih menawan saat mengetahui warna pakaian yang cocok untuk dirinya. Hal ini karena setiap orang memiliki warna dasar kulit atau undertone kulit yang berbeda-beda. Hal tersebut bisa menjadi indikator dalam menentukan warna pakaian yang cocok untuk masing-masing orang.

Perlu diketahui, pemilihan warna pakaian berdasarkan warna kulit ini tidak hanya berlaku untuk wanita, tapi juga pria.

Sam Rizal, Founder Belamy Store, salah satu brand fesyen lokal yang menyediakan pakaian kekinian khusus pria dengan harga terjangkau, mengatakan, "Penampilan seseorang kerap memengaruhi kesan yang muncul di mata orang lain terhadap dirinya. Tak hanya untuk wanita, bagi seorang pria pun, pakaian dapat menjadi pengaruh utama."

"Oleh karena itu, langkah kecil seperti menemukan warna pakaian yang cocok dengan undertone kulit agar pakaian terlihat lebih cocok dan kulit tidak menjadi kusam pun penting untuk diketahui para pria," lanjutnya.

Berikut tips untuk menemukan warna pakaian yang cocok dengan warna undertone kulit dari Belamy Store.

Ilustrasi cowok culun. (Unsplash/Alex Kotliarskyi)
Ilustrasi cowok. (Unsplash/Alex Kotliarskyi)

Identifikasi Warna Undertone Kulitmu

Undertone berbeda dengan skintone atau kategori warna kulit yang tampak secara kasat mata. Undertone adalah warna dasar kulit yang ditentukan oleh keturunan (gen) dan tak bisa berubah.

Sebelum mencari tahu warna pakaian apa yang cocok dengan undertone kulit, terlebih dulu kamu perlu menentukan undertone kulit yang terbagi dalam tiga kategori, yakni warm, cool, dan netral.

Salah satu langkah termudah yang bisa dilakukan adalah melihat warna pembuluh darah atau urat nadi di pergelangan tangan. Jika urat nadi yang tampak cuma  berwarna hijau, tandanya kamu termasuk dalam kategori warm. Jika hanya urat nadi biru, berarti cool. Kalau terlihat urat nadi dengan perpaduan hijau dan biru, berarti netral. 

Memilih Warna Pakaian sesuai Undertone

Setelah mengidentifikasi jenis undertone kulitmu, saatnya mencari tahu warna pakaian apa yang cocok untuk dikenakan agar penampilan semakin menawan. Berikut beberapa tipsnya.

1. Pilihan warna untuk warm undertone

Kalau kamu termasuk yang memiliki warm undertone, warna terbaik untuk kamu adalah warna-warna yang mencerminkan alam, seperti warna merah, coral, oranye, ataupun kuning.

Selain itu, kamu juga bisa memadupadankan warna tersebut dengan warna hijau olive atau merah violet. Hindari warna icy blue atau warna permata karena bakal membuat kulit terlihat abu-abu dan kusam.

Produk Belamy Store. (Instagram/belamystore)
Produk Belamy Store. (Instagram/belamystore)

2. Pilihan warna untuk cool undertone

Pilihan terbaik untuk cool undertone adalah warna yang terinspirasi dari musim dingin. Kamu bisa memilih pakaian dengan warna biru cerah, zamrud, dan ungu tua. Warna ini bisa dicocokan dengan warna lavender, biru, atau pink.

Hindari warna oranye, merah tomat dan kuning cerah yang akan membuatmu tampak kontras dengan undertone kulitmu. Di sisi lain, kamu bisa menambahkan aksesoris berwarna perak.

3. Pilihan warna untuk netral undertone

Undertone kulit netral dapat mengenakan warna apa pun, tapi lebih baik jika menggunakan warna pastel atau pucat. Kamu bisa memilih warna dusty pink, jade green, kuning jagung, atau biru pucat. Kamu juga bisa menggunakan warna netral seperti off-white, abu-abu, dan hitam.

Hindari penggunaan warna yang terlalu solid dan mencolok seperti biru elektrik dan magenta karena bisa terlihat berlebihan. Namun, lain halnya jika kamu menggunakan warna merah terang, hasil tampak menakjubkan.

Itulah tips memilih warna pakaian yang bisa kamu terapkan. Semoga bermanfaat. (*Vania Rossa)

Berita Terkait

Berita Terkini