Bukan Cuma Harus Nyaman, Ini 5 Tips Memilih Baju Bayi

Jangan asal beli, berikut tips memilih baju bayi yang nyaman.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 05 Oktober 2021 icon 09:00 WIB
Bukan Cuma Harus Nyaman, Ini 5 Tips Memilih Baju Bayi

Ilustrasi baju bayi. (Pixabay/freestocks-photos)

Memilih baju yang tepat untuk anak bisa dibilang susah-susah gampang, apalagi baju bayi. Hal itu karena bayi yang baru lahir karena memiliki kulit yang lebih sensitif dan lebih tipis sehingga gampang teriritasi.

Pakaian yang digunakan bayi juga tak boleh terlalu ketat atau terlalu longgar untuk memberikan bayi ruang bergerak.

Saat ini memang sudah banyak brand produk kebutuhan bayi bermunculan. Walau begitu, tentu tetap harus pandai-pandai memiih baju bayi yang tepat agar si kecil nyaman.

Baca Juga: Bajunya Bikin Heran, Sosok Tamu Ini Curi Fokus di Video Wanita Salah Kostum

Lantas, hal apa saja yang harus dipertimbangkan dalam memilih perlengkapan bayi, khususnya pakaian?

"Bagi orang tua hal-hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih pakaian bayi adalah bahan, kemudahan ketika menggunakan, kenyamanan dan juga desain atau gaya dari produk tersebut. Untuk bayi tidak boleh asal pilih dan asal beli," ucap Irene Kristi, Co-Founder dan COO BohoPanna, dalam keterangannya, belum lama ini.

Irene berbagi lima tips yang dapat menjadi pertimbangan bagi orang tua dalam memilih baju bayi, antara lain:

Baca Juga: Cuma Begini tapi Harganya Rp56 Juta, Baju Nagita Slavina Bikin Publik Heboh

Baju bayi.  (Dok: Istimewa)
Baju bayi. (Dok: Istimewa)

Pilih bahan yang sesuai dengan iklim Indonesia

Setiap brand menggunakan berbagai macam bahan, mulai dari katun, spandek, hingga polyester. Setiap bahan punya daya serap keringat yang berbeda-beda pula.

Untuk iklim tropis seperti di Indonesia, produk berbahan katun sangat disarankan karena bisa menyerap keringat dengan baik serta memiliki tekstur yang lembut dan adem saat digunakan. Jangan memilih bahan yang terlalu tebal dan panas. Selain tidak menyerap keringat, ini bisa memicu iritasi, alergi dan gatal-gatal. 

Kancing di bagian depan dengan cutting sempurna

Carilah pakaian yang punya kancing pada bagian depan. Hal ini untuk mempermudah memakaikan serta melepaskan pakaian kepada bayi. Kancing yang terdapat di bagian belakang akan lebih sulit untuk dipakaikan. Cutting baju yang sempurna juga akan membikin bayi nyaman dan terhindar dari gatal-gatal. 

Perhatikan juga apakah produk pilihanmu sudah punya sertifikat International Oeko Tex standard 100. Sertifikat ini menyatakan bahwa setiap komponen yang diuji mulai dari resleting, kancing, hingga pelapis dan juga benang jahitnya, bebas zat-zat bahan kimia berbahaya sehingga aman digunakan pada bayi. 

Ilustrasi anak bermain. (Pixabay/Esi Grünhagen)
Ilustrasi anak bermain. (Pixabay/Esi Grünhagen)

Model yang timeless dan bergaya

Model pakaian telah menjadi salah satu pertimbangan orang tua dalam memilih baju bayi. Pilihlah produk dengan model timeless yang menghadirkan warna-warna earth tone karena cocok untuk digunakan di seluruh warna kulit. Modelnya yang simpel saja, tapi bergaya agar bayi tetap nyaman. 

Harga terjangkau

Khusus pakaian bayi, pilihlah produk dengan harga terjangkau, mengingat bayi memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Bakal sangat disayangkan apabila membeli pakaian yang mahal, tapi cuma bisa digunakan sebentar. 

Belanja sesuai kebutuhan

Baca Juga: Cinta Laura Pede Pakai Baju Gratisan, Penampilannya Sukses Jadi Sorotan

Sering kali orang tua tergiur akan promo atau imutnya desain baju bayi. Namun, sebaiknya jangan membeli pakaian yang tidak terlalu diperlukan. Ingat, bayi memiliki pertumbuhan yang cukup cepat sehingga pakaian yang dibeli umumnya tidak bisa digunakan dalam jangka waktu lama. (*Bimo Aria Fundrika)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI