Lifestyle

Jangan Dianggap Remeh, Waspadai 5 Tanda Kamu Lagi Stres Berat

Banyak orang yang tidak menyadari kalau dia bukan sedang mengalami stres biasa, melainkan lebih dari itu. Jika dibiarkan, stres berat bisa menganggu kesehatan fisik maupun mental.

Tinwarotul Fatonah | Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi stres bekerja / pexels.com
Ilustrasi stres bekerja / pexels.com

Dewiku.com - Setiap orang pasti pernah mengalami stres. Pendidikan, pekerjaan, hubungan percintaan, sampai urusan cicilan rumah.

Ada banyak hal yang bisa memicu terjadinya stres. Saking banyak dan seringnya, kamu jadi merasa sudah terbiasa dengan stres.

Kamu bahkan tidak menyadari kalau sebenarnya kamu membutuhkan pertolongan karena mengalami stres berat

Ada beberapa tanda yang menjadi sinyal datangnya stres berat. Jangan disepelekan ya. Yuk, simak baik-baik. Barang kali saat ini kamu sedang mengalaminya juga.

1. Lebih sensitif dan sangat gampang tersinggung

Ilustrasi marah / pexels.com

www.pexels.com

Kamu biasanya lebih dari mampu untuk mengendalikan dan mengontrol emosi. Namun, akhir-akhir ini kamu jadi gampang tersinggung dengan perkataan orang lain yang maksudnya cuma bercanda.

Kamu jadi baperan dan mudah menangis karena hal-hal kecil juga. Pulpen yang tiba-tiba jatuh dari meja kantor saja bisa membuatmu merasa ketakutan tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, misalnya.

Wah, mungkin kamu stres berat karena tertekan dengan beban pekerjaan yang terus bertambah.

2. Selalu memikirkan pekerjaan, bahkan saat tidur

Jam kerjamu di kantor memang hanya 8-9 jam tapi seharian kamu tidak bisa berhenti memikirkan masalah pekerjaan.

Kamu seakan otomatis memikirkannya saat sedang makan, menonton televisi, menjelang tidur, bahkan mungkin kamu bermimpi sedang bekerja.

Tanpa kamu sadari, sebenarnya kamu sedang dihantui rasa cemas berlebihan. Hal itu akan membuatmu benar-benar kelelahan.

3. Produktivitas menurun

Kamu sudah duduk di depan komputer untuk bekerja tapi malah sulit fokus dan ingin melakukan prokrastinasi.

Kamu lalu menunda pekerjaanmu dengan mengecek media sosial hingga menonton YouTube.

Niat hati untuk refreshing tapi yang ada justru menurunkan produktivitasmu.

Kalau yang seperti itu terlalu sering terjadi, mungkin kamu sedang stres berat. Prokrastinasi adalah caramu untuk sejenak melarikan diri.

4. Mengalami gangguan tidur

Ilustrasi tidur / pexels.com

www.pexels.com

Kamu merasa sangat lelah dan ingin cepat-cepat tidur untuk mengistirahatkan badan dan pikiran. Sayangnya, yang terjadi justru kamu terus terjaga hingga larut malam, bahkan menjelang pagi.

Kamu merasa seakan masih sedang bekerja keras.Terlalu banyak hal yang berkecamuk di kepalamu sehingga mengalami insomnia. G

iliran berhasil tidur, kamu malah bermimpi buruk. Atau, sudah merasa cukup tidur tapi badan masih saja capek. Hati-hati. Itu juga termasuk gejala stres berat.

5. Gampang terserang penyakit

Susah tidur membuat kekebalan tubuhmu jadi melemah. Akibatnya, kamu jadi gampang sakit.

Bisa juga karena kamu kebanyakan pikiran, otot-otot di tubuhmu jadi merasa tegang sehingga menyebabkan nyeri pada bagian tubuh tertentu, seperti kepala, leher, pundak, atau punggung.

Pada dasarnya, tubuh akan mengirimkan sinyal khusus saat kamu sedang mengalami stres. Kamu hanya perlu sedikit peka terhadap ketidaknyamanan dan perubahan negatif yang terjadi pada dirimu sendiri.

Saat stres berat, segera luangkan waktu untuk berlibur dan merilekskan diri. Jika perlu, jangan ragu melakukan konsultasi atau konseling psikologi. Tenangkan dirimu. Kesehatan tubuh dan mentalmu tetap yang utama. Kamu tidak akan bisa bekerja dengan baik kalau terus-menerus stres kan?

Berita Terkait

Berita Terkini