Lifestyle

Lepas Stres Sepulang Kerja, Kamu Cuma Butuh Me Time

Istirahat itu penting. Biar besoknya semangat kerja lagi.

Rendy Adrikni Sadikin | Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi foto / pexels.com
Ilustrasi foto / pexels.com

Dewiku.com - Kerja seharian penuh memang melelahkan. Bukan cuma badan saja yang bisa pegal-pegal, pikiranmu juga. Kalau kamu membiarkan dirimu selalu kelelahan begitu, nanti bisa stres dan gampang sakit lho.

Biar kamu enggak stres, coba luangkan sedikit waktu untuk menenangkan dirimu setelah sampai rumah. Cukup 15-20 menit, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengusir penat setelah seharian bekerja.

1. Matikan ponselmu

Kamu sudah terlalu banyak berinteraksi dengan gadget sepanjang hari, seperti untuk menghubungi klien atau memantau perkembangan bisnis.

Obrolan di grup chat kantormu juga isinya soal pekerjaan semua, mulai dari keluhan soal deadline mepet sampai menggosipkan si bos. Bikin makin capek kan?

Jadi, ada baiknya mematikan ponsel sementara waktu untuk menenangkan pikiranmu. Alihkan perhatianmu untuk hal yang lain yang tidak berbau pekerjaan melulu.

2. Dengarkan musik favorit

Ilustrasi mendengarkan musik / pexels.com

www.pexels.com

Rebahkan dirimu di kasur lalu putar lagu-lagu favoritmu. Kalau bisa yang bikin tenang atau semangat aja sih, bukan malah yang bikin galau atau nyesek.

Biarkan suara merdu penyanyi kesayanganmu meredakan rasa lelah yang kamu dapatkan selama berkutat dengan pekerjaan.

Kamu juga bisa menyetel musik instrumental dan meluangkan waktu untuk semacam meditasi. Duduklah dengan punggung tegak di tempat yang nyaman.

Pejamkan mata, tarik napas yang dalam, lalu embuskan perlahan. Kamu akan merasa lebih rileks.

3. Berkebun

Berkebun juga bisa membantu kamu jadi lebih rileks, seperti menyirami tanaman atau mencabuti rumput liar. Enggak harus punya kebun atau halaman yang luas, sih. Merawat 1-2 pot tanaman juga sah-sah saja kok.

Ilustrasi kaktus / pexels.com

www.pexels.com

4. Olah raga

Lakukan olahraga ringan saja, misalnya jalan kaki keliling kompleks atau lari-lari kecil di tempat. Kamu juga bisa melakukan atau senam peregangan otot, mengingat otot-otot tubuh memang sering banget terasa kaku karena dipakai bekerja seharian.

Jangankan bergerak wira-wiri untuk mengurusi macam-macam masalah, duduk sepanjang hari di depan komputer bisa bikin pegal kan?

Biar lebih asik, lakukan sesi olahraga ringanmu sambil mendengarkan musik kesukaanmu tadi.

5. Bersih-bersih kamar

Sebagian di antara kamu pasti ada yang bisa menemukan kebahagiaan dengan melakukan kegiatan bersih-bersih. Bukannya makin lelah, kamu justru merasa lebih tenang.

Luangkan waktu untuk sekedar menyapu kamar atau merapikan barang-barang yang mungkin terlihat berantakan. Setelah rampung dan melihat kondisi yang bersih dan rapi, kamu akan merasa lega dan lebih nyaman saat melakukan me time lainnya.

Ilustrasi kaktus / pexels.com

www.pexels.com

Nah, intinya kamu perlu meluangkan waktu untuk dirimu sendiri alias menikmati me time. Jika rasa lelahmu bisa terurai dengan baik, kamu akan terhindar dari stres. Kamu juga punya semangat untuk kembali bekerja di hari berikutnya.

Berita Terkait

Berita Terkini