Lifestyle

Yang Perlu Dikonsumsi Saat Susah BAB

Susah BAB memang bikin frustasi, coba konsumsi ini untuk meredakannya.

Rendy Adrikni Sadikin | Yasinta Rahmawati

pixabay.com
pixabay.com

Dewiku.com - Susah Buang Air Besar (BAB) atau sembelit merupakan masalah pencernaan yang umum diderita banyak orang.

Walaupun begitu, susah BAB sangatlah menyiksa dan membuat frustasi. Sudah perut terasa mulas dan duduk di toilet lama, tetap saja enggak ada yang keluar.

Sembelit bisa disebabkan banyak faktor seperti kurang minum, kurang olahraga ataupun kurang asupan serat. Jika dibiarkan terlalu lama, sembelit bisa jadi penyakit yang membahayakan.

Untuk mengatasinya, Dewiku.com rangkum beberapa asupan untuk melancarkan BAB yang bisa mulai kamu konsumsi dari sekarang!

1. Jus Wortel

pixabay.com

pixabay.com

Untuk menghilangkan susah BAB, coba minum segelas segelas jus wortel di pagi hari. Selain menyegarkan, dalam wortel terdapat pektin yang berkhasiat mencegah dan mengatasi sembelit dengan cara melunakkan feses dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan.

2. Pepaya

pixabay.com

pixabay.com

Buah pepaya ternyata kaya akan kandungan enzim papain dan serat sehingga saluran pencernaan pun akan jauh lebih lancar dan masalah pada lambung bisa dicegah. Konsumsi buah pepaya dengan rutin juga merupakan detoksifikasi alami yang membuat tubuh terbebas dari berbagai parasit yang menyebabkan masalah pencernaan pada usus.

3. Teh hijau

pixabay.com

pixabay.com

Kalau tidak suka jus wortel, kamu bisa minum segelas the hijau hangat setelah bangun tidur. Selain membuat perut terasa nyaman, teh hijau mengandung antioksidan yang meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus melancarkan pencernaan.

4. Oatmeal

pixabay.com

pixabay.com

Karena tingginya jumlah serat yang tidak larut yang dikandungnya, oatmeal sangat bermanfaat untuk pencernaan. Makan oatmeal untuk sarapan dapat membantu mengeluarkan tinja, melembutkan dan membantu meredakan susah BAB.

Berita Terkini