5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Minum Air Putih Lebih Banyak

Idealnya, kamu mesti mengonsumsi minimal 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari.

By: Dinar Surya Oktarini icon Selasa, 19 Juni 2018 icon 12:17 WIB
5 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Minum Air Putih Lebih Banyak

Ilustrasi minum air putih / pixabay.com

Kebiasaan minum air putih dapat mendatangkan banyak kebaikan bagi tubuh. Mulai dari melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh hingga mencerahkan kulit. Meskipun begitu, banyak orang yang malas minum air putih entah karena lupa atau memang tidak suka dengan rasa air putih yang hambar dan dianggap membosankan.

Kamu termasuk orang yang malas atau jarang minum air putih? Coba lakukan beberapa tips berikut biar kamu bisa minum air putih minimal 2 liter sehari.

1. Selalu letakkan gelas atau botol berisi air putih di dekatmu

Ilustrasi minum air putih / pexels.comwww.pexels.com

Cobalah membiasakan menaruh sebotol besar air mineral di meja kerja atau segelas air putih di meja kamar tidur. Keberadaannya akan membuatmu ingat untuk banyak dan sering minum air putih. Selalu terlihat, dekat, dan gampang dijangkau tanganmu.

Minum air putih di sela-sela kesibukan bekerja akan membantumu menyegarkan pikiran sejenak. Tidak ada lagi alasan malas jalan ke pantry kantor karena air minumnya ada di depan mata. Begitu juga saat kamu bangun tidur, kamu bisa minum air putih sebelum beranjak melakukan aktivitas pagi.

2. Membuat alarm minum air putih

Ilustrasi foto / pexels.com www.pexels.com

Ada banyak aplikasi berbasis Android atau iOS yang bisa membantumu menjaga asupan air dalam tubuh. Misalnya saja Daily Water Free, Waterlogged, dan Water Alert.

Kamu juga bisa mengatur alarm minum air putih secara manual di handphone, misalnya setiap dua hingga tiga jam sekali.

3. Minum segelas putih sebelum makan

Ilustrasi foto / pixabay.com

www.pixabay.com

Kebiasaan ini juga bisa membantumu memangkas asupan kalori ke dalam tubuh. Minum segelas air putih sebelum makan akan membuatmu lebih cepat kenyang. Porsi makan otomatis akan berkurang sehingga cukup efektif juga untuk mendukung program diet sehatmu.

4. Minum air putih setiap kali keluar dari kamar mandi

Ilustrasi minum air putih / pexels.comwww.pexels.com

Kebiasaan ini juga cukup efektif untuk membuatmu minum banyak air putih dalam sehari. Minumlah segelas atau setidaknya setengah gelas air putih, baik setelah kamu buang air atau mandi. Kamu juga bisa membiasakan diri untuk meneguk air putih setelah sikat gigi pada pagi atau malam hari.

5. Gunakan perasa tambahan yang sehat

Ilustrasi infused water / pixabay.com www.pixabay.com

Pasti sudah tidak asing lagi dengan infused water kan? Coba masukkan irisan buah lemon, stroberi, kiwi, daun mint, atau bahan kesukaanmu yang lain dalam air putihmu. Buatlah menjadi infused water dengan menaruhnya di dalam kulkas selama beberapa jam sebelum akhirnya kamu nikmati kesegarannya.

Selain menambah pasokan cairan tubuh, infused water juga memberikanmu asupan gizi dan berbagai nutrisi menyehatkan.

Tapi ingat ya. Jangan dicampur dengan gula lho!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI