Percantik Interior Rumah, Inilah 5 Tips Mudah Memilih Taplak Meja

Tidak perlu belajar ilmu desain interior bertahun-tahun, kok.

By: Dinar Surya Oktarini icon Kamis, 21 Juni 2018 icon 12:41 WIB
Percantik Interior Rumah, Inilah 5 Tips Mudah Memilih Taplak Meja

Ilustrasi meja makan / Pinterest

Disadari atau tidak, taplak meja memegang peranan penting dalam keindahan sebuah ruangan. Pemilihan taplak meja sebaiknya dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi ruangan dan tema yang ingin dihidupkan melalu tampilan interiornya.

Kedengarannya rumit ya? Nggak juga kok. Sebenarnya kamu hanya perlu sedikit berpikir kreatif. Yuk, simak tips berikut ini!

1. Sesuaikan dengan ukuran meja

Baca Juga: Jangan Main Kode, Kamu Mesti Blak-blakan Kalau Punya Pacar Cuek

Ilustrasi meja makan / Pinterest

Pinterest

Ukuran taplak meja harus disesuaikan dengan ukuran meja. Coba perhatikan baik-baik biar nantinya nyaman dilihas. Ukuran yang pas itu berarti tidak terlalu besar atau kekecilan, baik untuk meja di ruang tamu, ruang makan, maupun ruang lainnya.

Baca Juga: Trik Agar Rumah Minimalis Terlihat Luas

Coba bayangkan, jika taplaknya kebesaran sampai menjuntai di lantai, nanti kalau ada yang keserimpet gimana? Atau kalau terlalu kecil, cuma bakal jadi alas vas bunga di bagian tengah dong.

2. Perhatikan bentuk meja yang akan dihias

Ilustrasi meja makan / Pinterest Pinterest

Meja umumnya berbentuk oval, bulat, persegi panjang, atau persegi. Taplak mejanya berarti harus menyesuaikan bentuk tersebut. Bentuk keduanya tidak harus sama, asal kelihatannya serasi dan bisa pas saja.

3. Perhatikan resiko yang mungkin ditimbulkan detail ornamen taplak meja

Ilustrasi meja makan / Pinterest 

Pinterest

Ini misalnya taplak meja pilihanmu memiliki hiasan berupa ruffle, renda, atau punya ujung dengan rumbai-rumbai. Pastikan hal itu tidak berakhir mengganggu dan memancing risiko, seperti tersangkut dan menyebabkan benda-benda di atas meja jatuh.

 4. Pilih warna taplak meja yang senada dengan konsep ruangan

Ilustrasi taplak meja / Pinterest Pinterest

Coba lihat dulu konsep ruangan yang akan dihias, mulai dari warna cat, bentuk dan warna perabot, hingga masalah pencahayaan. Biar menimbulkan kesan serasi, bukannya asal bisa menutup meja bagian atas meja saja.

 5. Perhatikan kualitas bahan

Ilustrasi meja makan / Pinterest

Pinterest

Pertama, cek dulu berapa budget yang kamu miliki. Setelah itu, tentukan kain macam yang akan kamu pilih untuk bahan taplak meja. Beberapa jenis kain yang bisa direkomendasikan adalah brokat, sutra, katun, dan linen.

Baca Juga: Tips Agar Rumah Beraroma Segar Alami

Khusus taplak meja makan, kamu bisa menambahkan molton atau alas tambahan biar tidak cepat kotor.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI