Susu Sapi atau Susu Kedelai? Ini Perbandingan Nutrisinya

Sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi susu sapi, karena tubuh intoleran terhadap laktosa yang dikandung dalam susu sapi.

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 25 Juni 2018 icon 11:20 WIB
Susu Sapi atau Susu Kedelai? Ini Perbandingan Nutrisinya

susu/pinterest.com

Apakah di antara kalian ada yang masih rutin mengkonsumsi susu? Kebiasaan yang belum umum dilakukan di Indonesia ini sebenarnya sangat penting lho. Kandungan nutrisinya yang padat dapat membantu kalian tetap bugar sepanjang hari, baik itu susu sapi atau susu kedelai.

Keduanya sama-sama memiliki kandungan gizi yang baik bagi tubuh, meski begitu ada juga kandungan yang terdapat dalam susu sapi tapi tidak dapat diperoleh dari susu kedelai, seperti kandungan kalsium yang lebih tinggi dan Vitamin B12 yang tidak terdapat pada sumber-sumber protein non daging.

susu/pinterest.com

susu/pinterest.com

Vitamin B 12 sendiri berfungsi untuk menghasilkan sel darah merah, menjaga kesehatan kulit serta mata, berperan aktif dalam proses sintesis DNA tubuh, mengatur sistem saraf, mencegah penyakit jantung serta meningkatkan stamina tubuh.

Sayangnya tidak semua orang bisa mengonsumsi susu sapi, ada kondisi dimana tubuh intoleran terhadap laktosa dan akan memberikan gangguan pencernaan seperti diare, mual, perut kembung saat mengonsumsi susu sapi. Untuk menghindari itu, banyak orang yang beralih pada susu kedelai.

susu/pinterest.com

susu/pinterest.com

Beralih pada susu kedelai adalah keputusan tepat, karena memilki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, seperti kandungan mangan yang tinggi, sehingga tidak menyebabkan sembelit jika dikonsumsi secara berlebihan.

Selain itu mangan juga berkhasiat untuk kesehatan tulang, menangkal radikal bebas, membantu metabolisme, membantu penyerapan vitamin, aktivasi enzim dan membantu proses pencernaan.

susu/pinterest.com

susu/pinterest.com

Sedangkan waktu yang paling tepat untuk mengkosumsi susu adalah pagi hari. Karena pagi hari dibutuhkan banyak energi untuk melakukan beragam aktivitas dan susu dapat menjadi sumber energi untuk melakukan kegiatan sepanjang hari.

Jadi mulai sekarang biasakan minum susu pagi hari ya cantik. Agar lebih maksimal, sebaiknya kamu mengkombinasikan keduanya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI