Konsumsi Nasi Merah Berlebihan Ada Efek Sampingnya Lho

Yang berlebihan memang enggak baik, girls.

By: Dinar Surya Oktarini icon Senin, 25 Juni 2018 icon 17:53 WIB
Konsumsi Nasi Merah Berlebihan Ada Efek Sampingnya Lho

Pexels.com

Nasi merah menjadi salah satu makanan primadona bagi mereka yang sedang diet.

Kandungan serat yang lebih tinggi dan kadar kalori yang lebih rendah membuat beras merah dipercaya lebih baik bagi program diet.

Sehingga dengan mengkonsumsi beras merah, perut akan terasa tetap kenyang meski porsinya sedikit.

Namun di balik manfaatnya, rupanya ada juga efek samping yang cukup berbahaya jika beras merah dikonsumsi berlebihan. Yuk baca ulasan Dewiku.com berikut!

1. Mengganggu Pencernaan/Sulit BAB

Beras merah mengandung asam fitat dan lektin, kedua kandungan tersebut menjadikan vitamin dan mineral yang ada dalam tubuh terikat sehingga sulit dicerna oleh tubuh. Selain itu asam fitat juga bisa menghambat pepsin, yakni enzim yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memecah protein. Jadi selain mencegah penyerapan nutrisi, asam fitat juga mengganggu pencernaan.

2. Badan Kurus

Keunggulan dari nasi merah adalah karena rendah kalori dan rendah lemak sehingga mampu menekan rasa lapar lebih lama. Tapi efek buruknya bisa menyebabkan seseorang kehilangan selera makan makanan jenis lain yang bergizi. Kalau hal ini terjadi terus menerus, tubuh bakal kekurangan gizi dan berat badan terus menurun.

3. Gangguan mental

Dilansir dari halosehat.com, di dalam beras merah juga terkandung zat Leaky gut syndrome yang dapat menyebabkan jaringan usus rusak dan mengganggu kelancaran aliran darah  sehingga memudahkan bakteri atau mikroba lain untuk mengurai dan meningkatkan resiko munculnya gangguan pada  saraf, pembuluh darah serta jaringan otak yang mengacu pada kelainan mental.

Enggak ada yang salah untuk mengkonsumsi beras merah. Tapi mengkonsumsinya secara bijak dan enggak setiap hari merupakan solusi terbaik agar terhindar dari efek samping di atas.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI