Lifestyle

Mitos tentang Haid yang Enggak Perlu Lagi Dipercaya

Karena mitos-mitos berikut ini enggak terbukti secara ilmiah.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi foto / Pinterest.com
Ilustrasi foto / Pinterest.com

Dewiku.com - Membicarakan menstruasi atau haid enggak akan pernah basi. Pasalnya,  cewek dan haid adalah dua hal yang enggak bisa dipisahkan.

Tapi di era modern seperti sekarang, masih banyak mitos nyeleneh yang berseliweran di telinga para cewek. Dan sayangnya, banyak yang percaya. 

Nah berikut ini mitos-mitos tentang haid yang Dewiku.com rangkum sehingga enggak perlu lagi kamu percaya.

1. Minum soda memperlancar darah haid

pexels.com
www.pexels.com

Siapa yang percaya bahwa haid akan lancar dan nyeri bisa reda setelah minum minuman bersoda? Ternyata ini cuma mitos belaka. Haidmu terasa lebih deras setelah minum soda itu enggak lebih dari sekedar sugesti.

2. Minum es bikin darah beku

pexels.com
www.pexels.com

Enggak ada korelasi antara minum es dengan bikin darah haid beku, Girls. Dinding rahim juga gak akan mengeras seperti yang kalian pernah dengar, apalagi bikin kista sampai kanker rahim. 

3. Enggak boleh keramas

pinterest.com
pinterest.com

Mitos selanjutnya adalah larangan keramas saat menstruasi. Mitos ini beredar karena adanya kepercayaan jika sedang menstruasi maka pori-pori kulit kepala akan terbuka lebar sehingga rentan mengalami sakit kepala.

Faktanya, menstruasi enggak berkaitan dengan keramas. Justru keramas membuatmu lebih rileks.

4. Haid bisa menular dengan menginjak jempol

pexels.com
www.pexels.com

Ngaku deh, pasti banyak dari kamu yang melakukannya. Faktanya, menginjak jempol kaki bisa menularkan haid hanya sekedar masalah psikis dan sugesti saja. Pada dasarnya memang haid itu sangat dipengaruhi oleh psikis. Jadi kalau kamu percaya banget, ya beneran bisa terjadi deh.

Berita Terkait

Berita Terkini