5 Tips Biar Kamu Nggak Stres Pas Kerja

Tenangkan dirimu. Jangan bad mood melulu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 28 Juni 2018 icon 21:15 WIB
5 Tips Biar Kamu Nggak Stres Pas Kerja

Ilustrasi stres bekerja / pexels.com

Ada terlalu banyak hal yang bisa membuatmu kelelahan saat bekerja. Pekerjaan yang menumpuk, deadline mepet, sampai punya teman sekantor yang menyebalkan. Rasanya pasti stres banget. Kerja jadi nggak mood. Pengin mencari pelampiasan sejenak tapi bingung kudu ngapain.

Wah, jangan panik dulu ya. Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengatasi stres karena pekerjaan. Yuk, disimak!

1. Jangan sungkan untuk mengatakan ‘tidak’

Salah satu hal yang bisa membuatmu merasa kelelahan di kantor adalah banyaknya pekerjaan yang berdatangan. Kalau itu tugas utamamu sih tidak masalah. Tapi bagaimana kalau kamu sering dijadikan jujukan pekerjaan tambahan dari bos? Lebih nyebelinnya lagi, kamu tahu kalau tugas susulan itu datang karena partner kerjamu yang lain menolak dengan alasan yang tidak masuk akal.

Kamu mesti memberanikan diri untuk menolak. Tidak apa-apa. Ini bukan berarti kamu malas. Mereka perlu tahu bahwa waktu dan tenagamu juga terbatas.

Lagi pula, kalau kebanyakan tugas tapi kamunya nggak mood dan merasa tertekan, hasilnya juga nggak bakal maksimal kan?

2. Letakkan benda-benda favorit di atas meja kerja

Ilustrasi meja kerja / pexels.com
Ilustrasi meja kerja / pexels.com

Matamu pasti lelah karena terus-menerus menatap layar komputer. Itulah kenapa para ahli menyarankan untuk mengalihkan pandangan dari layar komputer setiap 10-15 menit sekali. Mata butuh juga butuh istirahat biar nggak kelelahan.

Nah, kalau saat kamu mencoba menatap ke arah lain tapi yang terlihat hanyalah tumpukan dokumen yang meronta minta digarap atau muka teman-teman kantor yang juga lagi sama suntuknya, apa enaknya coba?

Ada baiknya kamu menaruh benda-benda yang bisa membuat perasaanmu lebih baik. Misalnya, menaruh tanaman hias, seperti kastus mini. Bisa juga foto keluarga atau pacar tercinta. Fotonya idol grup Korea favoritmu juga boleh banget. Rasanya jadi adem gitu kan kalau dilihat di sela kesibukan kerja?

3. Sedikit bermain atau mengobrol dengan teman kerja

Ilustrasi permainan / pexels.com
Ilustrasi permainan / pexels.com

Bermain bisa membantumu melawan stres saat bekerja. Bisa main game di komputer, handphone, atau menggunakan fasilitas hiburan yang mungkin tersedia di kantor. Karambol atau darts, mungkin?

Kalau tidak, kamu juga bisa mengajak teman-temanmu mengobrol santai. Bicarakan apapun, asal bukan pekerjaan saja.

Eits, tapi jangan malah keterusan main atau ngobrol melulu, ya. Sebentar saja. Gunakan waktu istirahat kalau mau agak lama.

4. Window shopping via online shop

Ilustrasi bekerja / pexels.com
Ilustrasi bekerja / pexels.com

Bagi beberapa orang, jalan-jalan melihat berbagai barang yang dijual di pusat perbelanjaan adalah hobi sekaligus hiburan efektif. Walau tidak membeli, bawaannya hati sudah senang.

Nah, berhubung kamu lagi di kantor, window shopping bisa dilakukan dengan mengunjungi situs belanja online. Baiknya memang dilakukan pas lagi stirahat sih. Tapi kalau mau curi-curi kesempatan di tengah jam kerja, sesekali juga boleh kok. Hehehe....

5. Lakukan meditasi ringan

Jangan dibayangkan kamu bakal melakukan gerakan yoga yang rumit atau mendadak duduk bersila di lantai kantor. Cukup nyamankan posisi dudukmu lalu tarik napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan.

Lakukan secara berkala, terutama setiap kali kamu merasa mulai penat. Kebiasaan ini memang sederhana tapi cukup ampuh untuk mengurangi stres.

Semangat terus, Girls! Jangan gampang stres ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI