Mitos Soal Yoga yang Nggak Perlu Lagi Kamu Percaya

Masih ragu untuk mendaftar kelas yoga? mungkin beberapa mitos ini masih kamu percayai.

By: Dinar Surya Oktarini icon Jumat, 29 Juni 2018 icon 10:02 WIB
Mitos Soal Yoga yang Nggak Perlu Lagi Kamu Percaya

Yoga/Pexels.com

Olahraga yoga masih menjadi primadona untuk mereka yang ingin menjalani gaya hidup sehat. Yoga sendiri punya segudang manfaat bagi kesehatan.
Yoga pada dasarnya adalah salah satu jenis meditasi yang dilakukan untuk menyelaraskan tubuh, pikiran, dan jiwa lewat olah tubuh dan pernapasan.
Meski sangat populer, ada beberapa mitos yang menyertainya, dan sayangnya masih ada saja yang percaya. Berikut Dewiku.com beberkan beberapa mitos soal yoga yang nggak perlu lagi kamu percaya.

1. "Cuma untuk orang bertubuh lentur"
Anggapan ini nggak benar, karena justru yoga ditujukan untuk orang-orang yang ingin melenturkan tubuhnya. Memang gerakan yoga kadang agak susah dilakukan, tapi bukan harus memiliki tubuh yang fleksibel lebh dulu. Satu-satunya yang harus fleksibel adalah pikiranmu, karena yoga membutuhkan tingkat konsentrasi yang tinggi.

2. "Yoga cuma buat cewek"

Baca Juga: Perubahan Tanda Fisik Ini Bisa Jadi Indikator Kesehatanmu Lho!

Yoga/Pexels.com
Yoga/Pexels.com

Memang selama ini yang diperlihatkan di media-media untuk ilustrasi yoga kebanyakan cewek, tapi bukan berarti cowok nggak boleh melakukannya. Siapa pun boleh kok melakukannya, cowok maupun cewek, baik muda ataupun tua.

3. "Cuma ada satu jenis yoga"
Eits jangan salah, banyak jenis yoga yang bisa dipilih. Mulai dari Hatha yang gerakannya lambat dan statis hingga Ashtanga yang mampu membakar kalori. Ada pula Power yoga yang memperkuat kardiovaskular dan Hot yoga, di mana latihannya berada di ruangan dengan suhu 42 derajat. Jadi kamu bisa memilih tipe mana yang sesuai untuk kebutuhan.

4. "Sudah lentur enggak perlu yoga"

Baca Juga: Mitos tentang Haid yang Enggak Perlu Lagi Dipercaya

Yoga/Pexels.com
Yoga/Pexels.com

Yoga bukan cuma untuk melenturkan badan, tapi juga bisa jadi sarana kamu rileksasi. Mengikuti kelas yoga secara rutin memungkinkan kamu untuk menemukan kedamaian batin, relaksasi dan mengatasi stress. Selain itu, yoga mengajarkan pernapasan yang tepat dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

5. "Gerakan yoga terlalu rumit"

Yoga/Pexels.com
Yoga/Pexels.com

Tenang, kamu nggak bakal disuruh melakukannya di awal kelas. Semuanya melewati proses yang kerumitan gerakannya naik secara perlahan. Dari proses itu, lama-lama akan terbiasa dan bisa.

Baca Juga: Hidup Sehat, Pasangan Artis Ini Gemar Olahraga Bareng

6. "Semua Yogi adalah vegetarian"
Yogi merupakan sebutan orang-orang yang melakukan yoga. Kamu nggak perlu menjadi vegetarian untuk melakukan yoga. Banyak kok yang masih mengonsumsi daging tapi ikut kelas yoga.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI