5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Lebih Cerdas

Sepele sih, tapi kebiasaan-kebiasaan ini bisa melatih otak dan dipercaya bisa bikin lebih cerdas.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 03 Juli 2018 icon 17:59 WIB
5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kamu Lebih Cerdas

Pexels.com

Kamu pasti familiar kan dengan ungkapan,"bisa karena terbiasa"? Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan setiap harinya memang sangat berpengaruh penting pada perkembangan diri, termasuk kecerdasan.

Nah kali ini berikut Dewiku.com bakal kasih bocoran kebiasaan-kebiasaan kecil yang sebenarnya bisa bikin lebih cerdas. Yuk simak!

1. Baca sebanyak mungkin

Dengan banyak membaca, banyak wawasan yang akan didapat. Maka dari orang cerdas dan pintar erat dengan buku. Nggak ada batasan buku apa yang harus dibaca kok. Komik, majalah, koran bahkan sosial media semuanya bisa jadi bahan bacaan.

2. Menulis

Dengan menulis, ingatanmu bisa lebih tajam. Selain itu kamu jadi lebih teratur dan terorganisir dalam melakukan banyak hal. Kalau nggak suka menulis, kamu bisa menggantikannya dengan mengetik di ponsel atau laptop kok.

Pexels.com
Pexels.com

 

3. Gosok gigi dengan tangan sebaliknya

Jika kamu biasa gosok gigi dengan tangan kanan, cobalah untuk sekali-kali pakai tangan kiri. Rupanya kebiasaan aneh ini dapat melatih otak untuk mempercepat proses informasi. Selain itu juga menyeimbangkan otak kanan dan kiri, lho.

4. Ubah kebiasaan monoton

Cobalah untuk mengubah kebiasaan rutinmu dengan hal baru, misalnya di pagi hari dari yang tadinya nonton kartun jadi olahraga atau memilih jalan pulang yang beda dari biasanya. Mencoba berbagai macam hal akan meningkatkan level aktivitas otak, bisa bikin tambah cerdas dan kreatif.

Pexels.com
Pexels.com


5. Bertemu orang baru

Dengan bertemu orang baru maka kamu bakal berinteraksi dan mendapatkan pemikiran baru. Karena nggak semua pemikiran orang itu sama, maka kamu pasti akan mendapatkan hal dan sudut pandang baru.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI