5 Tanda Bos Terkesan dengan Kinerjamu

Ternyata bukan melulu dengan memberikan pujian secara terang-terangan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 05 Juli 2018 icon 12:08 WIB
5 Tanda Bos Terkesan dengan Kinerjamu

Ilustrasi cowok keren / pexels.com

Bagaimana caranya kamu tahu kalau bos terkesan dengan kinerjamu di kantor? Apakah dia suka memuji hasil kerjamu secara langsung? Atau, dia malah bertingkah sebaliknya dan membuatmu merasa terbebani?

Nah, berikut adalah beberapa tanda kalau bos sebenarnya terkesan dengan kinerjamu. Coba simak baik-baik. Jangan-jangan selama ini kamu tidak sadar kalau si bos mencoba memuji atau sedang menyemangati kamu secara diam-diam.

1. Dia memberimu banyak tantangan

Ilustrasi mendapatkan tugas dari bos / Pixabay.com
Ilustrasi mendapatkan tugas dari bos / Pixabay.com

Entah kenapa si bos suka banget memberimu tugas yang sifatnya menantang. Misalnya, menyuruhmu belajar beberapa program atau aplikasi baru. Bisa juga tiba-tiba memberikanmu posisi strategis dalam proyek anyar.

Bosmu mungkin menganggap kerjaanmu selama ini selalu memuaskan dan beres, sehingga dia ingin memberimu kesempatan untuk mengembangkan diri. Sebenarnya itu sekalian demi kemajuan perusahaan juga sih.

2. Tanggung jawabmu di kantor jadi lebih banyak

Ilustrasi perempuan karir / Pixabay.com
Ilustrasi perempuan karir / Pixabay.com

Punya pekerjaan seabrek belum tentu berarti buruk. Justru itu bisa jadi pertanda kalau kamu mendapatkan kepercayaan lebih dari si bos. Mana mungkin kamu dapat banyak tugas penting kalau dia tidak mempercayai kemampuanmu kan?

Kamu tidak nyaman karena si bos suka memeriksa langsung hasil kerjamu? Kerjaan karyawan lain cuma diteliti sama ketua proyek, tapi kok punyamu dicek sama yang punya perusahaan, misalnya. Nggak apa-apa, Girls. Si bos mungkin seperti itu karena kamu sudah berhasil membuat dia terkesan.

3. Si bos mengajakmu berdiskusi tentang masalah yang dialami perusahaan

Ilustrasi mengobrol berdua dengan bos / Pixabay.com
Ilustrasi mengobrol berdua dengan bos / Pixabay.com

Kamu nggak perlu parno kalau bosmu mengajakmu ngobrol berdua. Tapi pastikan obrolannya seputar pekerjaan ya, bukannya modus.

Jika si bos pernah atau malah sering mengajakmu berdiskusi tentang masalah yang dialami perusahaan, itu pertanda bagus. Mungkin dia merasa kamu bisa berkontribusi untuk mendapatkan solusi terbaik. Kalau kemudian usulanmu ternyata berdampak positif, siap-siap dapat promosi, Girls!

4. Kamu sering menerima kritikan atau masukan

Ilustrasi perempuan karir / pixabay.com
Ilustrasi perempuan karir / pixabay.com

Karena si bos suka memeriksa hasil kerjamu, wajar kalau dia lancar banget buat berkomentar ini-itu. Apa yang dia ungkapkan belum tentu catatan baik, malah mungkin banyak yang agak sarkas dan membuatmu jengkel. Kamu mungkin juga heran, kok bisa dia menemukan kesalahan sekecil debu dalam pekerjaan yang sudah dianggap sempurna oleh orang lain?

Tenang ya. Si bos mungkin bermaksud memuji kamu tapi gengsi. Selama masih masuk akal. Terima saja kritikan dan masukannya. Apalagi kalau itu memang bisa membuat kinerjamu menjadi lebih baik.

5. Si bos melemparkan pujian secara terang-terangan

Ilustrasi berjabat tangan / Pixabay.com
Ilustrasi berjabat tangan / Pixabay.com

Si bos barangkali sengaja menyebut namamu sebagai salah kunci di balik kesuksesan proyek terbaru saat kalian sedang rapat bersama karyawan lain di kantor. Atau, kamu menerima pujian secara personal. “Kerjamu bagus. Terima kasih, ya.”

Namun, jangan terlalu banyak berharap juga. Mungkin kamu kebetulan memang punya bos yang tipenya suka mengagumi kinerja bawahannya dan memuji secara diam-diam.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI