Lifestyle

7 Pertanyaan yang Ampuh Membantumu Menemukan Passion

Jadi, apa passion kamu?

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Passion/pexels.com
Passion/pexels.com

Dewiku.com - Mempunyai pekerjaan yang sesuai dengan passion tentu menyenangkan, siapa sih yang nggak suka dibayar untuk melakukan hal yang disukai?

Tapi sayangnya nggak semua orang tahu apa passion mereka, sehingga masih belum tahu apa yang sebenarnya mereka ingin lakukan di masa depan.

Jika kamu salah satu di antaranya, sekarang coba duduk tenang dan tanyakan pertanyaan berikut ke diri sendiri.
Pertanyaan-pertayaan ini dapat menggugah pikiran untuk membantumu menemukan passion.

1. Apa yang paling menarik hatimu?

Passion nggak melulu soal pekerjaan. Passion adalah sesuatu yang benar-benar bisa mengobarkan semangat dalam jiwamu.

Tolak ukurnya adalah kamu selalu bersemangat saat melakukannya. Serta kamu merasa bisa mencurahkan segalanya tanpa ragu dan membuatmu merasa hidup.

Passion/pexels.com
Passion/pexels.com

2. Apa yang menjadi kemampuan terhebatmu?

Setiap orang pasti punya kelebihan dan bakat. Memahami kemampuan yang paling menonjol bisa membantu untuk menemukan hal yang sebenarnya menjadi passionmu. Seperti misalnya kemampuan analitis, kemampuan beradaptasi, komunikasi, fokus, disiplin, dan lain sebagainya.

3. Hal apa yang kamu yakini tapi ditentang oleh hampir setiap orang?

Pertanyaan ini cukup sulit dan menantang. Apalagi jika kamu hidup di lingkungan sosial yang penuh dengan judgement serta orang tua yang punya tolak ukur baku pada arti kesuksesan. Padahal kan kesuksesan menurut mereka nggak selalu sama dengan definisi kesuksesan bagi kita, ya nggak?

Tapi tentu pertanyaan ini berkonotasi positif ya. Hal yang diyakini bisa membawamu sukses dengan jalan yang benar.

Passion/pexels.com
Passion/pexels.com

4. Apa hal yang kamu sukai saat kecil?

Diri kita yang sekarang cenderung dibentuk oleh banyak hal, seperti tuntutan dan ekspektasi orang tua. Berbeda dengan diri kita saat masih kecil.

Coba deh tengok ke belakang dan ingat-ingat apa aktivitas yang kamu sukai di masa kecil. Seorang psikoterapi bernama Eric Maisel menyebutkan bahwa hal-hal yang disukai seseorang semasa kecilnya cenderung masih disukainya walaupun ia telah beranjak dewasa.

Siapa tahu kamu bisa menemukan versi baru dari aktivitas tersebut, kan?

5. Hal apa yang paling ingin kamu coba lakukan sekarang?

Salah satu cara terbaik untuk menemukan tujuan hidup dan passion adalah dengan mencoba-coba. Mungkin banyak yang menganggap hanya buang waktu, tapi kalau nggak dicoba nggak bakal tahu kan?

Menemukan passion bukan cuma soal berpikir dan menggali diri, melainkan soal bertindak dan mengenali banyak hal yang ada di luar diri kita. Jangan batasi diri kamu hanya dari satu bidang.

6. Pencapaian apa yang kamu ingin ceritakan ke orang-orang pada 20-30 tahun mendatang?

Kira-kira bakal jadi apa kamu dengan passionmu 20 sampai 30 tahun ke depan? Apakah saat datang ke reuni sekolah kamu bakal menceritakan rutinitasmu dengan malas? atau malah menceritakan pencapaianmu dengan bangga?

Sekali lagi, passion adalah jalan menuju bahagia, tapi passion belum tentu jalan memupuk banyak materi. Karena materi adalah hasil, yang penting adalah prosesnya.

Passion/pexels.com
Passion/pexels.com

7. Siapa dirimu dalam satu kalimat?

Dengan satu kalimat sederhana, kamu dapat merangkum siapa dan apa yang ingin kamu capai. Sehingga kalimat ini akan membantumu menyaring tujuan dan dan passion secara lebih detail. Seperti misalnya mantan presiden Amerika, Abraham Lincoln yang pribadinya terangkum dalam satu kalimat, "Menjaga persatuan dan membebaskan para budak". Wuih, keren ya!

Nah, itulah tujuh daftar pertanyaannya. Jadi sudah siapkah mengajukan berbagai pertanyaan ini pada diri sendiri agar bisa menemukan passionmu?

Berita Terkait

Berita Terkini