Lifestyle

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Kurangi Minum Air Es

Simak 4 alasan di bawah ini agar kamu yakin mengurangi minum air es sehari-hari.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

ilustrasi es/pinterest.com
ilustrasi es/pinterest.com

Dewiku.com - Kesegaran air es memang nggak diragukan lagi, apalagi kamu minumnya siang hari saat sedang kehausan. Duh, surga dunia banget deh! Tapi ada berita buruk buat kamu yang hobi banget minum air es. Minum air es terlalu sering berdampak buruk bagi kesehatan.

Nah, simak 4 alasan yang bakal bikin kamu yakin mengurangi minum air es berikut ini.

ilustrasi es/pinterest.com
ilustrasi es/pinterest.com

Air es bikin sakit tenggorokan

Ini bukan sugesti lho, Girls! Faktanya, air es bisa menyebabkan penumpukan mukosa dalam saluran pernafasan. Mukosa adalah lapisan semacam lendir yang melindungi saluran nafas. Penumpukan mukosa rentan terpapar infeksi sehingga kemungkinan sakit tenggorokan juga menjadi sangat tinggi.

ilustrasi es/pinterest.com
ilustrasi es/pinterest.com

Air es menurunkan detak jantung

Sebuah studi menunjukkan jika minum air es dapat merangsang saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf kranial ke-10 yang berperan mengendalikan tindakan tubuh secara responsif.

ilustrasi es/pinterest.com
ilustrasi es/pinterest.com

Air es mengurangi asupan nutrisi

Hal ini terjadi secara tidak langsung. Jadi ketika kita minum air es, suhu tubuh akan berpengaruh dan turut menurun. Hal itu menyebabkan tubuh membutuhkan banyak energi untuk membuat suhunya netral kembali. Nutrisi yang seharusnya diserap  pun akan dibagi untuk kerja keras pengembalian suhu tersebut.

Air es mengganggu pencernaan

Minum air es ternyata menyebabkan pembuluh darah kita mengkerut lho. Inilah yang membuat proses pencernaan dalam tubuh terhambat. Nutrisi makanan yang seharusnya dicerna dengan baik akhirnya akan hilang karena lambatnya proses pencernaan dalam tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini