Biar Nggak Boros, Jawab 3 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja

Shopaholic wajib tahu nih!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 29 Juli 2018 icon 16:54 WIB
Biar Nggak Boros, Jawab 3 Pertanyaan Ini Sebelum Belanja

Ilustrasi cewek shopaholic / Unsplash.com

Belanja itu ibarat orang sedang jatuh cinta. Saat melihat barang menarik, kita merasa suka dan ingin memiliki. Sayangnya, begitu sampai di rumah, kita kadang jadi terdiam meratapi betapa banyaknya uang yang kamu keluarkan demi barang belanjaan itu.

Kamu merasa terlalu mudah mengeluarkan uang untuk belanja alias boros? Wah, sudah saatnya kamu melatih diri menjadi konsumen cerdas nih. Caranya? Coba jawab beberapa pertanyaan berikut sebelum belanja.

1. Apakah aku memang menyukainya?

Baca Juga: Nggak Nyangka, Jatuh Cinta Bisa Disebabkan Oleh 2 Hal Ini

Salah satu godaan terbesar saat belanja adalah diskon besar-besaran. Siapa yang tidak tertarik saat melihat papan bertuliskan diskon 50 persen? Lihat iklan diskon mulai dari 20 persen saja sudah senang.

Melawan godaan diskon / Unsplash.com
Melawan godaan diskon / Unsplash.com

Terkadang, atau malah sering kali, kita membeli sesuatu karena harganya kelihatan murah dan terjangkau. Meski mungkin kita tidak terlalu suka dengan bentuknya, tetap dibeli juga. “Siapa tahu nanti butuh,” begitu alibinya.

Ini adalah pertanyaan paling sederhana. Coba tanyakan pada diri sendiri, “Apakah aku memang menyukainya?” Setelah itu, jauhi barang itu untuk mengalihkan perhatian. Kalau setelah beberapa hari kamu masih kepikiran, ya sudah boleh dibeli. Kalau tidak, berarti kemarin cuma lapar mata.

Baca Juga: Ini Lho, Atasan Paling Aman untuk Semua Gaya Fashion

2. Apakah aku membutuhkannya?

Oke, kamu suka barang itu. Namun, apa kamu juga membutuhkannya? Modelnya lucu, bikin gemas, tapi beneran butuh itu? Selain itu, apakah nyaman digunakan? Apakah kamu benar-benar percaya diri untuk mengenakannya?

Berusaha menjadi konsumen cerdas / Unsplash.com
Berusaha menjadi konsumen cerdas / Unsplash.com

Jujur deh. Kamu pasti pernah memandangi barang-barang belanjaan yang berakhir cuma teronggok di kamar sambil berpikir, “Kenapa aku beli beginian? Buat apa?”

Jadi mulai sekarang sebelum membeli sesuatu, coba kedepankan logikamu. Yakin kamu membutuhkannya?

3. Bakal dipakai berapa kali?

Kalau pada akhirnya baju, sepatu, atau aksesori apapun yang kamu beli itu hanya akan terpakai 1-2 kali, lebih baik kamu tahan hasrat belanjamu.

Berusaha menjadi konsumen cerdas / Unsplash.com
Berusaha menjadi konsumen cerdas / Unsplash.com

Kamu mencoba mengikuti tren? Coba kamu pertimbangkan lagi, apakah itu termasuk everlasting fashion item? Kalau tidak, itu namanya kamu buang-buang uang.

Baca Juga: 4 Tips Penting Biar Tetap Nyaman saat Belanja Baju Lebaran

Jadilah konsumen cerdas, Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI