Ibu Muda Wajib Tahu 3 Jenis Depresi Pasca Melahirkan Ini

Ibu muda seperti Kahiyang Ayu harus waspada dengan jenis sindrom pasca melahirkan ini.

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 01 Agustus 2018 icon 19:34 WIB
Ibu Muda Wajib Tahu 3 Jenis Depresi Pasca Melahirkan Ini

ilustrasi bayi. (Pexels)

Depresi pasca melahirkan rentan menghampiri para ibu muda yang baru saja memiliki momongan. Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya sindrom ini, diantaranya adalah kelelahan dan faktor hormonal. Untuk ibu muda seperti Kahiyang Ayu, ada beberapa jenis depresi pasca melahirkan yang harus diwaspadai. Simak dalam tulisan di bawah ini.

ilustrasi bayi. (Pexels)
ilustrasi bayi. (Pexels)

 

Baby Blues Syndrome

Baby blues syndrome adalah depresi yang paling ringan dan paling sering dialami oleh ibu muda. Perubahan mood yang tiba-tiba bisa menjadi gejala paling awal saat mengalami baby blues syndrome. Salah satu cara mengatasi baby blues syndrome adalah kerja sama dan pengertian dari suami.

Postpartum Depression

Gejalanya serupa baby blues syndrome, tapi hal ini berlangsung bukan hanya untuk kelahiran anak pertama, tapi juga anak kedua dan seterusnya. Untuk meredakan depresi ini, ibu yang baru melahirkan bisa melakukan konseling dengan orang yang ahli di bidang ini. Sekali lagi, suami sangat berperan penting menjaga kestabilan emosi agar ibu terhindar dari depresi pasca melahirkan.

ilustrasi bayi. (Pexels)
ilustrasi bayi. (Pexels)

 

Psikosis Postpartum

Depresi ini cukup berat dan termasuk penyakit kejiwaan yang bisa diderita ibu yang baru melahirkan. Gejala psikosis postpartum meliputi gangguan pikiran, delusi, halusinasi, serta respons yang tidak pantas atau tidak tertarik pada anak mereka. Tidak semua ibu berpotensi mengalami depresi pasca melahirkan jenis ini. Hanya 1 sampai 2 orang dari 1000 ibu muda yang mengalami ini.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI