Es Krim dan Gelato, Lebih Sehat Mana?

Ingin lebih sehat? saatnya beralih pada Gelato, ini alasannya.

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 01 Agustus 2018 icon 20:34 WIB
Es Krim dan Gelato, Lebih Sehat Mana?

Gelato. (Pexels)

Es krim dan gelato jadi dua pencuci mulut yang digemari banyak orang. Tapi karena tekstur dan rasa yang mirip, banyak yang nggak menyadari perbedaan antara keduanya. Nah kalau kamu sedang concern dengan pola makan sehat, saatnya beralih ke gelato.

1. Kandungan lemak

Kandungan lemak pada es krim cenderung lebih banyak dari gelato. Rata-rata es krim bisa mengandung 14-17 persen lemak. Sedangkan dalam takaran yang sama, gelato mengandung sekitar 8 persen lemak. Kondisi ini tentu membuat es krim lebih banyak menghasilkan kalori daripada gelato.

Baca Juga: Satu Scoop Es Krim di Pagi Hari Bisa Bikin Tambah Pintar

2. Kandungan gula

Selain lemak, es krim juga lebih tinggi gula dibandingkan dengan gelato. Sebab ini berkaitan dengan suhu penyajiannya. Suhu yang dingin akan lebih menyamarkan rasa, termasuk rasa manis.

Es krim disajikan pada suhu yang cukup dingin, dengan tekstur yang ringan dan lembut. Sedangkan gelato nggak disajikan pada suhu yang sama dengan es krim. Soalnya kalau suhunya terlalu dingin maka tekturnya akan jadi terlalu keras dan kurang elastis. Maka dari itu, gelato biasanya disajikan 15 derajat lebih hangat dibanding es krim.

Baca Juga: Le Coq Sportif Rilis Sepatu Es Krim

Ice Cream/Pexels.com
Ice Cream/Pexels.com

 


3. Bahan baku

Gelato mengandung lebih banyak susu daripada krim, dan gelato umumnya nggak mengandung kuning telur. Sedangkan es krim mengandung kuning telur, lebih banyak krim, dan lebih sedikit susu. Dari komponen tersebut, gelato tampak mengandung lemak yang lebih sedikit daripada es krim.

4. Lemak jenuh

Karena berbahan dasar kuning telur dan krim, otomatis es krim tinggi kandungan lemak jenuh, belum lagi dengan tambahan gulanya. Oleh sebab itu, kalau kamu penggemar es krim, hati-hati ya, karena terlalu banyak konsumsi es krim bisa membuat kamu rentan mengalami kolesterol dan diabetes.

Kesimpulannya, gelato punya kandungan lemak yang lebih rendah ketimbang es krim. Tapi semuanya kembali lagi pada porsi yang kamu makan ya. Kalau kamu mengonsumsi gelato dalam jumlah besar, otomatis lemak dan kalori dalam tubuh kamu juga jadi lebih banyak.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI