Menarik! Ini 5 Manfaat Mendengarkan Musik

Apa aja sih manfaat mendengarkan musik?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 07 Agustus 2018 icon 18:33 WIB
Menarik! Ini 5 Manfaat Mendengarkan Musik

Ilustrasi mendengarkan musik. (Pexels)

Kamu suka mendengarkan musik? Ternyata nggak cuma bikin kita terhibur dan meningkatkan mood, ada beberapa manfaat mendengarkan musik lainnya. Ketika mendengarkan musik, pikiran dan perasaan kita akan berubah sesuai musik yang sedang didengarkan. Musik memang memiliki pengaruh besar di dalam kehidupan kita.

Dewiku.com sudah merangkum 5 manfaat mendengarkan musik. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

1. Membuat tidur lebih nyenyak

Baca Juga: Deretan Genre Musik yang Mampu Pengaruhi Suasana Hati

Ilustrasi tidur / Pexels.com
Ilustrasi tidur. (Pexels)

Jika kalian mengalami masalah susah tidur, salah satu terapi yang bagus untuk menyembuhkannya adalah melalui musik. Dengan mendengarkan musik, khususnya musik klasik, akan membuat kamu lebih rileks dan dapat tidur lebih nyenyak.

2. Meredakan rasa sakit

Menurut penelitian, musik dapat meredakan rasa sakit. Hal itu karena musik bisa memberikan pengaruh positif yang merangsang otak melepaskan rasa sakit dan menggantinya dengan perasaan rileks, tenang, dan bahagia.

Baca Juga: Musik Terbukti Mampu Mempengaruhi Suasana Hati

3. Meningkatkan kinerja otak

Ilustrasi berpikir / Pexels.com
Ilustrasi berpikir. (Pexels)

Ketika kita sedang mendengarkan musik sembari fokus melakukan hal lain, kemampuan multitasking kita akan meningkat. Musik beat bakal membuat kita semangat dan lebih cepat menyelesaikan tugas. Untuk meningkatkan daya ingat, musik beat atau slow mempunyai manfaat yang sama.

4. Menurunkan tekanan darah

Mendengarkan musik klasik ternyata bisa membantu orang yang mempunyai tekanan darah tinggi untuk menurunkan tekanan darahnya. Cara kerjanya sama, yakni melalui efek menenangkan dan rileks.

5. Mengurangi stres

Ilustrasi stres bekerja / pexels.com
Ilustrasi stres bekerja. (Pexels)

Manfaat mendengarkan musik yang paling penting adalah mengatasi stres. Musik membikin kita lebih rileks dan tenang. Emosi yang membuat kita stres secara tidak langsung akan tersalurkan. Setelah itu, kita akan merasa beban akan sedikit hilang dan stres pun berkurang.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI