5 Dampak Buruk ketika Kita Terlalu Lama Duduk

Ternyata terlalu lama duduk juga punya dampak buruk.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 09 Agustus 2018 icon 17:50 WIB
5 Dampak Buruk ketika Kita Terlalu Lama Duduk

Ilustrasi wanita karir. (Pexels)

Sebagai pekerja kantoran, duduk seharian menatap layar komputer adalah hal yang wajar. Itulah rutinitas yang tidak dapat dihindari. Kita bisa duduk terus-terusan selama 8-9 jam atau malah lebih demi menyelesaikan semua deadline yang menumpuk. Tanpa disadari, ternyata ada dampak buruk ketika kita terlalu lama duduk lho.

Selama ini mungkin kita terlalu fokus bekerja atau merasa tertekan dengan beban pekerjaan yang super banyak. Jangankan bergerak untuk mengambil air minum, berjalan ke kamar kecil saja kadang jadi malas.

Nah, di bawah ini adalah beberapa dampak buruk ketika kita terlalu lama duduk. Perhatikan baik-baik ya, Girls. Kamu yakin masih mau malas gerak di kantor?

Baca Juga: Nggak Usah Takut Bokek, Kini Tupperware Bisa Digadaikan

1. Menganggu sistem pencernaan

Ilustrasi cewek sedih
Ilustrasi sakit perut. (Pexels)

Tahukah kamu? Perutmu bakal tertekan kalau sehabis makan tetap duduk dalam jangka waktu yang lama. Jadi misalnya kamu memilih makan di meja kerjamu, lalu langsung melanjutkan pekerjaan selama sekian jam kemudian.

Nah, kebiasaan seperti ini akan menganggu sistem pencernaan. Cobalah ubah kebiasaan buruk ini. Meskipun pekerjaanmu banyak, tidak ada salahnya sesekali jalan-jalan di sekitar kantor kan? Minimal, kamu bisa berjalan ke pantry untuk membuang sampah atau mengambil air minum. Bukan cuma biar pencernaan lancar, tetapi sekalian olahraga ringan juga.

Baca Juga: Siapkan 5 Benda Ini di Meja Kerjamu agar Lebih Efisien

2. Postur tubuh memburuk

Duduk terlalu lama juga bisa menyebabkan tekanan berlebih pada tulang belakang. Akibatnya, tulang punggung akan menjadi mudah sakit. Postur tubuh juga bakal memburuk, seperti tulang punggung menjadi bungkuk atau bengkok.

3. Menurunnya kemampuan otak

Ilustrasi berpikir / Pexels.com
Ilustrasi berpikir. (Pexels)

Ternyata asupan darah dan oksigen ke otak tidak maksimal saat kita duduk. Itulah mengapa fungsi otak menurun dan kamu jadi susah fokus.

Jadi, apa sekarang kamu mengerti kenapa ada orang-orang yang merasa nyaman berpikir sambil berdiri?

4. Memicu obesitas

Duduk terlalu lama akan membuat kita jarang bergerak. Hal ini akan menyebabkan salah satu masalah kesehatan, yaitu obesitas.

5. Kadar kolestrol akan tinggi

Baca Juga: 8 Tanda Lingkungan Kerjamu Sudah Nggak Sehat Lagi

Sifat cepat marah menjadi salah satu gejala diabetes
Ilustrasi berpikir. (Pinterest)

Salah satu dampak buruk ketika kita terlalu lama duduk adalah metabolisme tubuh jadi terganggu. Itu mengakibatkan kadar kolestrol di dalam tubuh menjadi tinggi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI