Sulit Konsentrasi? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Kamu merasa sulit berkonsentrasi? Mungkin hal di bawah ini adalah penyebabnya.

By: Tinwarotul Fatonah icon Selasa, 14 Agustus 2018 icon 19:01 WIB
Sulit Konsentrasi? Mungkin 5 Hal Ini Penyebabnya

Ilustrasi berpikir. (Pexels)

Hampir setiap orang pernah mengalami sulitnya konsentrasi. Kondisi ini bisa terjadi pada siapa saja tanpa memandang status usia. Jika kamu merasa sulit berkonsentrasi, mungkin ada beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Sulit berkonsentrasi dapat menganggu aktivitas sehari-hari, tapi nggak hanya itu, ternyata bisa berdampak juga pada kesehatan, lho. Jadi, apa aja sih penyebab sulit konsentrasi? Simak di bawah ini ya.

1. Kurang tidur

Ilustrasi sulit tidur nyenyak / Unsplash.com
Ilustrasi kurang tidur. (Unsplash)

Untuk manusia dewasa, idealnya tubuh mendapatkan 8 jam untuk beristirahat. Jika tubuh tidak mendapatkan istirahat yang cukup, akan menyebabkan daya tahan tubuh menurun, mood menjadi buruk, dan otak pun ikut terkena dampaknya karena kurang mendapatkan waktu untuk beristirahat.

2. Kurang olahraga

Dampak dari jarang berolahraga adalah aliran darah dan oksigen yang mengalir ke otak jadi nggak lancar. Ini menyebabkan jadi sulit untuk berkonsentrasi dan berpikir.

3. Sering bermain gadget

Ilustrasi bermain sosmed / Pexels.com
Ilustrasi bermain sosmed. (Pexels)

Terlalu sering bermain gadget akan membuat konsentrasi menjadi buyar. Mestinya kamu harus menyelesaikan pekerjaanmu terlebih dahulu tetapi bermain gadget untuk membuka media sosial lebih menarik bagi kamu. Alhasil, pekerjaanmu nggak selesai-selesai.

4. Kurang asupan makanan bergizi

Sering mengonsumsi makanan yang nggak sehat membuat tubuh jadi sulit bergerak atau kurang aktif dalam bergerak. Cobalah untuk merubah pola makan dengan asupan yang lebih bergizi. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih aktif yang membuat otak bekerja lebih maksimal dan lebih muda untuk berkonsentrasi.

5. Terlalu stres

Ilustrasi stres bekerja / pexels.com
Ilustrasi stres bekerja. (Pexels)

Terlalu stres akan membuat otak sulit berkonsentrasi. Ini karena stres mengambil alih kognitif otak, salah satu penyebabnya terlalu banyak pikiran, sehingga fokus berkonsentrasi mustahil didapatkan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI