Mitos Gaya Hidup Sehat yang Perlu Kamu Tahu

Nomor berapa nih yang paling kamu percaya?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 21 Agustus 2018 icon 18:08 WIB
Mitos Gaya Hidup Sehat yang Perlu Kamu Tahu

Healthy. (Pexels)

Ketika mulai mencoba gaya hidup sehat, rasanya banyak sekali pantangan yang perlu dihindari. Tapi faktanya, beberapa hal yang kita dengar tentang gaya hidup sehat adalah mitos. Penasaran apa saja? Yuk, simak 5 mitos umum tentang gaya hidup sehat berikut ini.

1. Makan malam harus dihindari

Apakah kamu berusaha keras nggak makan malam di atas jam 7 biar bobotmu nggak bertambah? Tenang, kamu nggak perlu melakukannya lagi. Beberapa penelitian yang dilakukan oleh Dunn Nutrition Centre dan Oregon Health & Science University di AS menyimpulkan hal tersebut hanya mitos.

Baca Juga: Cloudless Skin, Tren Kecantikan Baru di Korea Selatan

Bukan masalah jam berapa kamu makan, melainkan apa yang dimakan dan aktivitas fisik untuk membakar kalori yang masuk setelahnya.

Vegetarian. (Pexels)
Vegetarian. (Pexels)

2. Jadi vegetarian menjauhkan dari penyakit

Banyak orang meyakini hidup sebagai vegetarian lebih sehat daripada omnivora dan karnivora. Padahal, anggapan tersebut nggak selalu benar. Daging mengandung sejumlah zat besi tinggi, protein, vitamin dan kalsium. Dengan menjadi vegetarian, berarti mengorbankan nutrisi ini dan dapat memicu resiko kesehatan tertentu.

Baca Juga: Lima Mitos Diet yang Harus Segera Kamu Lupakan

3. Makanan olahan nggak baik untuk kesehatan

Nggak selamanya makanan dalam kaleng itu nggak sehat kok. Nutrisi tambahan ditambahkan ke produk akhir untuk meningkatkan nilai gizi mereka. Contohnya adalah susu kaleng yang dilengkapi dengan tambahan kalsium dalam pengolahan untuk mempertahankan khasiatnya.

makanan/pexels.com
makanan/pexels.com

4. Makan karbohidrat bikin gemuk

Memang jika mengonsumsinya secara berlebihan bakal bikin bobot tubuhmu bertambah, tapi bukan berarti nggak boleh makan karbohidrat sama sekali. Selain itu, karbohidrat memiliki zat gizi mikro penting yang memainkan peran kunci dalam memastikan kelancaran fungsi sel-sel dalam tubuh.

5. Ingin cepat kurus = kurangi makan

Baca Juga: Girls, Kenali Mitos dan Fakta tentang Pori-pori Berikut Ini

Makan lebih sedikit selama ini dianggap sebagai cara cepat untuk turunkan berat badan dan dapatkan bentuk tubuh ideal. Tapi hal itu cukup berisiko lho kalau dilakukan secara ekstrim. Soalnya, tubuh bakal kehilangan asupan makronutrien dan mikronutrien penting untuk pertumbuhan sel-sel tubuh.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI