Sering Melamun Bisa Meningkatkan Kreativitas

Kamu termasuk orang yang hobi melamun, Girls?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 24 Agustus 2018 icon 16:21 WIB
Sering Melamun Bisa Meningkatkan Kreativitas

Ilustrasi perempuan hobi melamun. (Pixabay)

Siapa yang sering melamun? Jika tidak, apakah kamu punya teman yang hobi melamun? Banyak yang bilang kalau kebanyakan melamun itu bahaya karena bisa kesambet hantu. Benarkah begitu? Sebaliknya, sebuah penelitian mengungkap kalau melamun bisa meningkatkan kreativitas, lho.

Melamum identik dengan membuang-buang waktu. Namun, para peneliti dari Gonda Multidisciplinary Brain Research Center, Bar-Ilan University, Israel, menemukan banyak hal menarik di balik aktivitas melamun.

Penelitian ini melibatkan beberapa peserta yang diminta untuk mengindikasikan sejauh mana melamun dapat berpengaruh pada penyelesaian tugas. Hasilnya, banyak partisipan yang mampu berimajinasi secara kreatif.

Baca Juga: 4 Zodiak Ini Paling Rentan Terkena Stres

Ilustrasi perempuan. (Unsplash)
Ilustrasi perempuan melamun. (Unsplash)

 

Ternyata, melamun sama sekali tidak melemahkan kinerja otak, malah dapat meningkatkan kinerja otak. Ada banyak proses perencanaan bahkan kreativitas yang terjadi.

Penelitian dalam jurnal Psychological Science juga menyatakan bahwa melamun dapat membuat otak berasosiasi menjadi lebih menarik. Hal berbahaya bukanlah melamun tapi stres karena tidak bisa memberikan solusi kreatif.

Baca Juga: Jangan Panik, Inilah 5 Cara Gampang Meredakan Stres

Ilustrasi perempuan. (Unsplash)
Ilustrasi perempuan melamun. (Unsplash)

 

Para peneliti tersebut kemudian menyarankan agar orang-orang meninggalkan sejenak masalah atau penyebab stres saat pikiran terasa penat. Lebih baik beri kesempatan kepada pikiran untuk berkelana hingga mampu memunculkan banyak ide kreatif.

Wah, ternyata melamun memang terbukti meningkatkan kreativitas. Jadi, kamu yakin tidak suka melamun?

 

Baca Juga: Hati-hati, Inilah 5 Faktor Penyebab Depresi

Artikel ini sudah dipublikasikan di HiTekno.com dengan judul Penelitian Ini Buktikan Melamun Membuatmu Semakin Kreatif

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI