Ingin Awet Muda? Hindari Makanan Ini

Makanan ini mempercepat proses penuaan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 06 September 2018 icon 17:22 WIB
Ingin Awet Muda? Hindari Makanan Ini

Ilustrasi pola makan berantakan / Pexels.com

Tampilan awet muda sepertinya jadi dambaan tiap cewek. Tapi semakin bertambahnya usia, tubuh nggak bisa melawan hukum alam. Kulit mulai keriput, timbul flek hitam, otot mengendur, dan lain sebagainya. Nah. biar tetap awet muda, berbagai upaya perlu dilakukan, termasuk menghindari makanan ini.

Apa saja makanan yang dimaksud? Yuk, simak!

1. Junk Food

Baca Juga: Tenang, 4 Makanan Ini Bisa Redakan Mood Swing

Makanan dari restoran cepat saji memang nikmat dan lezat. Tapi seperti namanya, ia hanya akan menimbun sampah dalam tubuh.

Junk food mengandung lemak trans yang tinggi yang nggak cuma menambah berat badan tapi juga membuat kulit lebih rentan terkena sinar UV yang merusak kulit.

Ilustrasi makan junk food / Pexels.com
Ilustrasi makan junk food / Pexels.com

2. Makanan manis

Baca Juga: 6 Makanan yang Baik Dikonsumsi sebelum Olahraga Pagi

Gula yang berlebihan akan memicu proses yang disebut dengan glikasi, di mana molekul gula yang berlebihan bakal menyatu dengan protein dan membentuk advanced glycation end products.

Proses ini bakal merusak kolagen, protein yang menjadikan kulit kencang dan awet muda.

3. Alkohol

Alkohol nggak hanya akan mengganggu siklus tidur di dalam tubuh, tapi juga merusak hati yang merupakan organ detoks dari tubuh.

Selain itu, konsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan kulit mengalami dehidrasi. Kulit yang dehidrasi bakal jadi lebih kering, mudah mengalami kerutan, dan tampak lebih kendur.

Snacking. (Pexels)
Snacking. (Pexels)

4. Makanan gurih

Baca Juga: 5 Makanan yang Nggak Bikin Gemuk meski Dimakan Larut Malam

Cemilan gurih memang enak di lidah tapi punya efek buruk bagi kulit kalau berlebihan mengonsumsinya. Makanan dengan kadar garam tinggi juga akan mempercepat penuaan sel. Jadi batasi konsumsi makanan tinggi natrium jika ingin tetap awet muda ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI