Lifestyle

Suka Menggigit Kuku, Jempol Cewek Ini Harus Diamputasi

Kebiasaan jorok ini perlu segera dihentikan.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi menggigit kuku. (Pexels)
Ilustrasi menggigit kuku. (Pexels)

Dewiku.com - Menggigit kuku jari mungkin jadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh seseorang di sekitarmu, atau mungkin kamu sendiri? Kalau iya, nampaknya setelah membaca kejadian ini kamu akan berhenti melakukan kebiasaan jorok tersebut.

Seorang cewek berusia 20 tahun bernama Courtney Whithorn harus rela jempolnya diamputasi setelah tumbuh kanker langka di area tersebut. Penyebabnya? Diduga karena kebiasaan menggigit kuku jari.

Dilansir dari The Sun, Courtney Whithorn suka menggigit kuku jarinya dengan sangat kuat hingga kuku jempolnya rusak pada tahun 2014 dan nggak tumbuh kembali.

Sisa kuku itu kemudian berubah menjadi hitam. Setelah mencari perawatan medis, rupanya kondisi itu didiagnosa sebagai bentuk kanker yang sangat langka, acral lentiginous subungual melanoma. Para dokter meyakini pemicu kanker tersebut berkaitan dengan trauma menggigit kuku.

Ilustrasi menggigit kuku. (Pexels)
Ilustrasi menggigit kuku. (Pexels)

''Ketika saya mengetahui bahwa kebiasaan menggigit kuku adalah penyebab kanker, itu menghancurkan saya,'' kata Whithorn kepada The Sun.

Meskipun ia sudah menjalani banyak operasi untuk pengangkatan kuku, sel-sel ganas di ibu jarinya, dan dua kelenjar getah beningnya untuk menguji kanker, ahli bedah terpaksa mengamputasi jempolnya hingga ke buku jarinya.

Courtney Whithorn sendiri mengatakan belum ada penelitian yang cukup untuk mengatakan apa tingkat kelangsungan hidup atau kemungkinan kemunculannya kembali.

Ilustrasi kuku. (Pexels)
Ilustrasi kuku. (Pexels)

''Saya masih menunggu hasil dari operasi minggu lalu, dan jika itu jelas, maka ahli bedah akan memperhatikan saya selama lima tahun ke depan, dan saya mendapatkan hasil scan dan darah secara teratur,'' ujarnya.

Kejadian yang menimpa Courtney Whithorn ini semoga bisa dijadikan pelajaran untuk kamu yang masih suka sering menggigit kuku jari, ya.

Walau menggigit kuku sama sekali belum terbukti sebagai penyebab kanker, ada baiknya menghindari kebiasaan jorok itu. Tahu sendiri kan, kalau tangan dan kuku jari itu sarang kuman?

Berita Terkini