Lifestyle

5 Hal Ini Bisa Menjadi Penyebab Mata Berair

Mata berair sering menganggu dan membuat kita nggak nyaman.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi mata. (Pexels)
Ilustrasi mata. (Pexels)

Dewiku.com - Ketika berkedip, kelenjar pada kelopak mata akan memroduksi sedikit air mata guna melembapkan indera penglihatan. Namun, jika kamu terus-menerus mengalami mata berair, tentu itu akan membuat kita menjadi tidak nyaman.

Biasanya produksi air mata menjadi lebih banyak ketika sedang menguap, tertawa terbahak-bahak, atau menangis. Nah, hanya saja ada sebagian orang yang mengalami mata berair secara terus menerus.

Mata berair dapat terjadi ketika kelenjar yang memroduksi minyak tidak bekerja dengan semestinya. Hal ini membuat air mata cepat menguap dan menjadikannya lebih cepat mengering.

Jadi apa saja penyebab mata berair. Kita simak, yuk!

1. Mata dalam keadaan kering

Ilustrasi mata. (Pexels/Min An)
Ilustrasi mata. (Pexels/Min An)

Faktor lingkungan menjadi salah satu penyebab mata menjadi kering. Ketika mata kering, ia akan berusaha untuk menjaganya agar tetap lembap dengan mengeluarkan air mata sendiri. Inilah mengapa matamu bisa berair tanpa sebab.

2. Terlalu lama di depan layar komputer

Ketika menatap layar komputer, mata akan jarang berkedip. Hal ini yang membuat mata menjadi kering dan sehingga air mata keluar dengan sendirinya. Disarankan untuk mengistirahatkan mata sejenak.

3. Mata terkena makeup

Ilustrasi mata. (Pexels/Sharon)
Ilustrasi mata. (Pexels/Sharon)

Saat mengaplikasikan riasan mata seperti eyeshadow, maskara, maupun eyeliner memang bisa menjadi sedikit tricky. Sedikit kesalahan akan membuat produk masuk ke dalam mata.

Nggak hanya membuat mata menjadi gatal, hal ini bisa membuat mata jadi iritasi hingga terasa perih dan berair.

4. Ada benda asing di matamu

Meibomian glands atau kelenjar meibom adalah salah satu bagian mata yang berguna untuk menghasilkan minyak agar mata tidak kering.

Nah, jika ada benda asing yang masuk, kelenjar ini tidak dapat berfungsi dengan baik. Hasilnya, mata akan berair sebagai respon alami karena kekeringan yang dialami.

5. Mengalami gangguan tidur

Ilustrasi mata. (Pexels/Bess Hamiti)
Ilustrasi mata. (Pexels/Bess Hamiti)

Salah satu gangguan tidur yang bisa menyebabkan mata berair adalah sleep apnea. Gangguan ini menyebabkan orang mendekur dan membuat mata seakan terbuka saat tidur sehingga mata akan mengering dan akhirnya berair.

Untuk mengatasinya, kamu harus menjalani pola hidup sehat serta memiliki waktu tidur yang cukup berkualitas.

Berita Terkait

Berita Terkini