Sering Menahan Kencing? Awas Bahaya Mengintai

Jangan dibiasakan kalau nggak mau kandung kemih rusak.

By: Tinwarotul Fatonah icon Kamis, 13 September 2018 icon 19:22 WIB
Sering Menahan Kencing? Awas Bahaya Mengintai

miss V/pinterest.com

Saat sedang dalam kesibukan atau perjalanan, seringkali keinginan buang air kecil muncul. Tapi sayangnya, keputusan untuk menahannya jauh lebih besar. Kalau terlalu sering melakukan kebiasaan ini bisa bahaya, lho.

Keseringan menahan kencing ini bisa bikin anyang-anyangan, sakit, dan air kencing jadi berwarna merah karena ada infeksi.

Sebenarnya menahan kencing masih diperbolehkan, asal nggak terlalu lama dan nggak sering.

Baca Juga: Awas, Posisi Tidur Tengkurap Berbahaya untuk Kesehatan

Normalnya tubuh memiliki kemampuan alami untuk menahan air kencing keluar dari kandung kemih. Namun jika kandung kemih menahan hingga lebih dari kapasistasnya, yakni lebih dari 1.000 ml dalam jangka waktu yang semakin lama, rasa nggak nyaman pun timbul.

miss V/pinterest.com
miss V/pinterest.com

Meskipun tubuh bisa mengatur untuk menahannya, tetap ada risiko yang mengintai.

Sebab jika sering menahan kencing, akan terjadi inflamasi dinding saluran kemih. Kemudian akan terjadi penumpukan urine yang berisi bakteri atau kuman.

Baca Juga: 4 Tips Kecantikan yang Nggak Layak Dicoba

Terlebih lagi uretra, saluran yang mengalirkan urin dari kandung kemih pada perempuan lebih pendek dari laki-laki, sehingga bakteri lebih mudah menjangkaunya.

Ketika nggak mengosongkan kandung kemih yang sudah penuh dengan bakteri di dalamnya, maka akan semakin banyak bakteri yang menetap dan berkembang dalam kandung kemih.

Kondisi inilah yang dapat mengakibatkan Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Selain itu, dilansir dari Science Alert, terlalu sering menahan kencing dapat membuat otot kandung kemih melemah dan kemudian menyebabkan retensi urine.

Hal tersebut akan menyebabkan gangguan pada kandung kemih yang membuat seseorang menjadi kesulitan untuk mengosongkan kandung kemihnya. Akibatnya ia akan mengalami rasa ingin kencing terus menerus.

Baca Juga: Diet Keto dan Bahaya yang Mengintainya

Hiii, mengerikan sekali ya dampaknya? Maka dari itu, jangan sengaja menunda hasrat ingin buang air kecil kalau nggak kepepet ya Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI