Ternyata Begini Cara Perempuan Mesir Kuno Tes Kehamilan

Pada 3.500 tahun lalu, perempuan mesir kuno tentu belum mengenal test pack yang praktis itu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 14 September 2018 icon 11:18 WIB
Ternyata Begini Cara Perempuan Mesir Kuno Tes Kehamilan

Ilustrasi perempuan mesir kuno. (Pixabay/WikiImages)

Bangsa Mesir Kuno diketahui banyak membuat penemuan inovatif yang penting bagi kehidupan modern. Baru-baru ini, para peneliti menemukan hal menarik dari teks Mesir Kuno yang menunjukkan bagaimana perempuan Mesir Kuno melakukan tes kehamilan 3.500 tahun lalu.

Papirus dari Mesir Kuno memperlihatkan instruksi hieroglif tentang tes kehamilan. Mereka mengecek apakah seorang perempuan hamil atau tidak melalui kencing ke dalam kantong jelai dan tas emmer. Pada saat itu, berbagai gandum memang tercatat dibudidayakan di Mesir kuno.

Seorang peneliti di Universitas Kopenhagen yang mempelajari dokumen tersebut mencoba membaca tulisan pada papirus itu. ''Jika mereka tumbuh, dia akan melahirkan. Jika barley tumbuh, itu berjenis kelamin lelaki. Jika emmer tumbuh, itu adalah seorang gadis. Jika mereka tidak tumbuh, dia tidak akan melahirkan.''

Baca Juga: Orang Zaman Dulu Lakukan Cara Unik Ini untuk Tes Kehamilan

Ilustrasi ibu hamil. (Pixabay)
Ilustrasi ibu hamil. (Pixabay)

Penemuan soal tes kehamilan ini berasal dari salah satu papirus milik Universitas Kopenhagen dengan sejumlah teks medis dari waktu itu.

''Kami berurusan dengan jenis materi yang sangat langka,'' kata Egyptologist Kim Ryholt, kepala koleksi papirus Carlsberg dan bagian dari kolaborasi penelitian internasional yang menerjemahkan teks-teks tersebut dikutip Al Arabiya dari CNN.

Ibu hamil. (Pixabay/distel2610)
Ibu hamil. (Pixabay/distel2610)

Para ahli menambahkan bahwa metode tes kehamilan Mesir Kuno digunakan dalam pengobatan Yunani dan Romawi serta ditemukan juga dalam tradisi medis Eropa.

Baca Juga: Di Arizona, 16 Perawat Hamil secara Bersamaan!

CNN melaporkan, para peneliti pernah menguji teori tersebut pada 1963 lalu. Hasilnya, sebanyak 70 persen kasus menunjukkan bahwa urin ibu hamil bisa menyebabkan biji-bijian bertunas.

 

Baca Juga: Gokil, Beauty Vlogger ini Makeup Sebelum Lahiran

Artikel ini sudah dipublikasikan sebelumnya dengan judul Terungkap! Perempuan Mesir Kuno Tes Kehamilan 3.500 Tahun Lalu

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI