Inilah 5 Manfaat Teh Rooibos

Katanya, Teh Rooibos lebih sehat dibanding teh hitam dan tes hijau.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 15 September 2018 icon 12:31 WIB
Inilah 5 Manfaat Teh Rooibos

Ilustrasi minuman teh rooibos. (Unsplash/Olu Eletu)

Meski tidak setenar teh hitam atau teh hijau, teh rooibos juga termasuk minuman yang dicintai banyak orang di seluruh dunia. Teh rooibos bisa menjadi alternatif bagi mereka yang menghindari konsumsi minuman berkafein.

Teh rooibos terbuat dari aspalathus linearis, tanaman yang biasanya tumbuh di pantai barat Afrika Selatan. Rooibos tradisional dibuat melalui proses fermentasi daun hingga warna hijaunya berubah menjadi merah-coklat.

Namun, ada juga teh rooibos hijau karena memang tidak difermentasi. Rasanya lebih nikmat, tapi juga cenderung lebih mahal. Kandungan antioksidannya pun lebih tinggi.

Baca Juga: 6 Minuman Sehat Alternatif Selain Kopi

Berikut adalah beberapa manfaat teh rooibos, dilansir dari Healthline.

1. Memiliki manfaat lebih dari teh hitam dan teh hijau

Teh hitam dan teh hijau diketahui mengandung kafein. Jika dikonsumsi secara tetap, kafein memang bisa memberikan beberapa manfaat, mulai dari meningkatkan produktivitas diri hingga mempengaruhi suasana hati.

Baca Juga: Ternyata Ini Manfaat dari Teh Hitam

Namun, jika berlebihan, malah dikaitkan dengan masalah jantung, peningkatan kecemasan, hingga gangguan tidur.

Sebagian orang akhirnya memilih menghindari atau membatasi asupan kafein. Nah, teh rooibos secara alami adalah teh bebas kafein sehingga menjadi alternatif terbaik.

Bonusnya, teh rooibos juga mengandung kadar tannin yang lebih rendah dibanding teh hitam atau teh hijau. Tanin merupakan senyawa alami yang bisa mengganggu penyerapan nutrisi tertentu, seperti zat besi.

Ilustrasi minum teh. (Unsplash/Drew Coffman)
Ilustrasi minum teh. (Unsplash/Drew Coffman)

2. Kaya antioksidan

Teh rooibos dapat membantu melindungi sel kulit dari ancaman radikal bebas. Dalam jangka panjang, dapat membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, termasuk jantung dan kanker.

3. Bermanfaat bagi penderita penyakit jantung

Minum teh rooibos mungkin memiliki efek menguntungkan pada tekanan darah karena mampu menghambat angiotensin-converting enzyme (ACE).

Sebuah penelitian menemukan bahwa meminum 6 cangkir teh rooibos setiap hari selama 6 minggu menghasilkan penurunan kolesterol jahat dalam tubuh.

Ilustrasi minum teh. (Unsplash/Drew Coffman)
Ilustrasi minum teh. (Unsplash/Drew Coffman)

4. Mengurangi risiko kanker

Antioksidan quercetin dan luteolin yang ditemukan dalam teh rooibos diketahui dapat membunuh sel kanker dan mencegah pertumbuhan tumor. Namun, manfaat yang satu ini masih dibutuhkan riset lebih lanjut.

5. Memberi manfaat bagi penderita diabetes tipe 2

Teh rooibos adalah salah satu dari beberapa sumber alami antioksidan yang disebut aspalathin, sebuah senyawa yang memiliki efek anti-diabetes.

Sebuah studi mengungkapkan aspalathin membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan mengurangi resistensi insulin. Meski begitu, pernyataan ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

 

Baca Juga: Meredakan Stres dengan 7 Makanan Ini

Artikel ini sudah dipublikasikan di HiMedik.com dengan judul 5 Manfaat Teh Rooibos yang Lebih Sehat dari Teh Hijau dan Hitam

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI