Lifestyle

Tidak Hanya Anak, Lego Juga Bermanfaat untuk Orang Dewasa

Banyak manfaat di balik bermain balok warna-warni lego.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Lego. (Instagram/@lego)
Lego. (Instagram/@lego)

Dewiku.com - Selama ini lego dikenal sebagai mainan edukasi untuk anak-anak karena sangat bermanfaat bagi perkembangan otak. Meski identik dengan mainan anak-anak, bermain lego rupanya juga bermanfaat untuk remaja dan dewasa lho.

Jadi apa saja manfaat bermain lego? Yuk, simak!

1. Mengasah kreativitas

Semakin bertambahnya usia, kreativitas tidak lagi seliar saat masih kanak-kanak. Nah, dengan bermain lego, orang dewasa jadi punya ruang untuk bereksplorasi dan berinovasi.

Memainkan potongan-potongan lego yang tidak bertema atau bersifat random dapat membuat seseorang bebas membangun apa pun yang terlintas di benaknya.

Lego. (Instagram/@lego)
Lego. (Instagram/@lego)

2. Lepas dari gadget

Di era digital, tangan kita sulit sekali lepas dari gadget. Tetapi dengan adanya lego, kita bisa hidup sejenak lepas dari gadget dan asyik bercengkrama dengan imajinasi.

3. Relaksasi

Kesibukan pekerjaan dan rutinitas sehari-hari dapat membuat stres dan serba tertekan. Lego merupakan salah satu alternatif untuk bersantai.

Saat kita fokus dan konsentrasi menyusun lego, segala hal yang membuat stres atau cemas akan sejenak hilang.

Lego. (Instagram/@lego)
Lego. (Instagram/@lego)

4. Mengajarkan kesabaran dan penyelesaian masalah

Menyusun lego sesuai dengan konstruksi yang kita inginkan memang membutuhkan waktu, tentunya setelah melalui berbagai percobaan dan kesalahan.

Secara tidak langsung, hal ini membuat kita menjadi pribadi yang sabar dan optimis bahwa suatu konstruksi sesulit apapun pasti bisa dibangun.

Nah, jika dikaitkan dengan kehidupan nyata, hal tersebut berdampak baik untuk melatih kita memecahkan masalah.

Berita Terkini