Inilah Alasan Pegawai Bertahan Kerja meskipun Gaji Kecil

Selain mungkin sudah kaya tujuh turunan, ini alasan lainnya yang bikin mereka bertahan.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 26 September 2018 icon 15:38 WIB
Inilah Alasan Pegawai Bertahan Kerja meskipun Gaji Kecil

Ilustrasi kerja gaji kecil. (Pexels)

Idealnya, sebuah pekerjaan dipertahankan karena memiliki gaji besar. Meskipun begitu, bukan berarti semua orang sudah puas dengan gajinya saat ini, lho. Faktanya, banyak juga pegawai yang bertahan kerja di perusahaan yang memberi mereka gaji kecil.

Kenapa bisa begitu? Rupanya inilah beberapa alasan yang membuat mereka bertahan.

Minder

Baca Juga: Kerja Bareng Orang Narsis? Ini Sisi Positifnya

Biasanya, seseorang merasa kurang percaya diri untuk mencari pekerjaan lain yang gajinya lebih layak. Hal ini yang mendorong orang untuk bertahan dengan pekerjaannya, meskipun menerima gaji kecil.

Umumnya mereka menerima kenyataan ini dengan berat hati. Agar terhindar dari situasi ini, sebaiknya buka jaringan pertemananmu dan kumpulkan informasi pekerjaan lain dari kantor yang berbeda.

Jika kamu rajin mencari informasi, maka pekerjaan dengan gaji yang lebih besar bisa kamu dapatkan.

Baca Juga: CEO Twitter Hanya Kerja Pakai Smartphone, Ini Rahasianya

Ilustrasi pekerjaan wanita. (Pexels)
Ilustrasi kerja gaji kecil. (Pexels)

Passion

Hal lain yang bikin pegawai bertahan kerja dengan gaji kecil adalah passion. Yup, mereka rela mendapat pemasukan yang rendah demi bekerja sesuai passion.

Jika berada dalam situasi seperti ini, maka keputusan sepenuhnya ada di tanganmu. Hidup itu adalah pilihan. Jadi ketika kamu sudah memilih kerja sesuai passion, meskipun gaji kecil, kamu harus paham dengan resikonya.

Jangan ada keluhan yang sama di kemudian hari.

Sindrom robot

Apakah kamu pernah mengalami sindrom robot? Atau pernah melihat sindrom dengan gejala seperti ini? Ciri utamanya adalah menjalani aktivitas dengan ritme yang sama setiap hari, seolah-olah itu sudah terprogram dengan rapi.

Biasanya orang yang menjalani pekerjaan dengan sindrom robot akan berangkat kerja dengan wajah muram dan kembali pulang dengan wajah lelah. Sindrom robot inilah yang membuat kamu tidak sempat melirik pekerjaan lain yang memberi gaji lebih besar.

Lingkungan kerja/Pexels.com
Ilustrasi kerja gaji kecil. (Pexels)

Terjebak di zona nyaman

Mungkin pekerjaanmu sekarang memiliki gaji kecil, tapi lingkungan kerjanya menyenangkan. Jalinan pertemanan yang akrab dan fasilitas yang memadai membuat kamu sulit beranjak untuk mencari pekerjaan lain yang lebih layak.

Baca Juga: Fasilitas di Tempat Kerja Ini Hanya Dinikmati Pekerja Milenial

Jika ini yang menjadi alasan, wajar saja kamu bertahan kerja di perusahaan itu. Bagaimana pun, uang tidak sebanding dengan segala kenyamanan yang kamu terima di tempat kerja.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI