Mimpi Terjatuh dari Ketinggian, Pertanda Stres?

Ketakutan yang terbawa ke alam bawah sadar.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 28 September 2018 icon 11:15 WIB
Mimpi Terjatuh dari Ketinggian, Pertanda Stres?

Ilustrasi mimpi jatuh dari ketinggian. (Unsplash/Artem Bali)

Kamu pernah mimpi terjatuh dari ketinggian? Biasanya, ini membuat kamu ketakutan dan bahkan sesak napas sesaat karena sakit kagetnya. Namun, banyak juga yang tidak begitu memikirkannya lalu kembali tidur lelap.

Mimpi terjatuh dari ketinggian biasanya terjadi saat kamu berada dalam kondisi tidur setengah nyenyak. Dilansir dari Huffington Post, mimpi seperti itu ternyata memiliki dasar fisiologis.

Menurut Cathleen O'Connor, Ph.D., dalam The Everything Law of Attraction Dream Dictionary, tekanan darah dan detak jantung menurun saat tubuh dalam keadaan tertidur. Sistem saraf yang mulai tenang dapat memicu mimpi seolah-olah terjatuh sehingga membuat orang bersangkutan tiba-tiba tersentak bahkan langsung terjaga.

Baca Juga: Nggak Bisa Tidur Nyenyak Menjelang Pernikahan? Ini Solusinya

O'Connor menyarankan si pemimpi memikirkan tentang berbagai hal di kehidupan yang barangkali sedang menyebabkan kelelahan fisik maupun psikis.

Ilustrasi ketakutan. (Unsplash/Hailey Kean)
Ilustrasi ketakutan. (Unsplash/Hailey Kean)

Biasanya, mimpi terjatuh dari ketinggian menandakan kamu sedang dalam masalah psikologis, misalnya merasa takut, gagal, atau kewalahan untuk mengontrol diri sendiri.

Jika kamu malah orang lain terjatuh, ada kecenderungan kamu ingin meniru atau mengikuti orang lain dalam beberapa aspek tapi merasa takut tidak bisa melakukannya seperti yang diharapkan.

Baca Juga: Pasang Implan Besar, Wanita Ini Khawatir Bokongnya Meledak

Selain itu, bisa juga kamu merasa seperti ada seseorang yang membiarkanmu jatuh atau gagal dalam beberapa hal.

Ilustrasi menginginkan kebebasan. (Unsplash/Christopher Campbell)
Ilustrasi menginginkan kebebasan. (Unsplash/Christopher Campbell)

Jika mimpi terjatuh dari ketinggian memunculkan rasa takut, atasi ketakutan itu saat kamu dalam keadaan sadar. Tenangkan dirimu, misalnya dengan mengatur napas secara perlahan atau minum segelar air mineral.

Baca Juga: Begini Pengaruh Posisi Tidur terhadap Kecantikan Kulit

''Dengan memikirkan situasi kehidupanmu saat ini dan orang-orang yang terlibat, kamu dapat menemukan jawaban yang benar atas apa yang terjadi,'' ungkap O'Connor.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI