Nggak Selamanya Cengeng, Ini Manfaat Nangis untuk Kesehatan

Nangis membawa sejuta manfaat buat tubuh dan ini beberapa di antaranya!

By: Tinwarotul Fatonah icon Sabtu, 29 September 2018 icon 13:36 WIB
Nggak Selamanya Cengeng, Ini Manfaat Nangis untuk Kesehatan

Ilustrasi menangis. (Pexels)

Girls, kalian tahu nggak, di balik air mata yang jatuh ketika menangis, terselip berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan lho! Menurut ilmu kejiwaan, menangis baik untuk kesehatan karena bisa mengeluarkan energi negatif dari tubuh dan menggantikannya dengan energi baru yang positif. Selain itu, masih ada beberapa manfaat nangis lainnya untuk kesehatan, simak dalam tulisan di bawah ini.

Membunuh bakteri

Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh Food Microbiology menunjukkan jika air mata mengandung properti antimikroba yang melindungi tubuh. Selain itu, air mata juga bisa membunuh sebanyak 95% bakteri dalam 5-10 menit lho! Ini karena kandungan cairan yang bernama lysozyme yang akan menghancurkan dinding sel bakteri.

Baca Juga: Ternyata Berlibur Ada Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Lho!

Mengeluarkan toksin

Tubuh mengeluarkan toksin dengan berbagai cara dia ntaranya berkeringat, kencing dan melalui air mata. Uniknya, air mata yang dikeluarkan saat stres dapat membantu menurunkan hormon stres yang dikenal sebagai kortisol. Selain itu, tubuh juga akan mengeluarkan endorfin yang bernama enkephalin untuk mengurangi rasa sakit. Inilah sebabnya kenapa kita merasa lebih baik setelah menangis.

Ilustrasi cowok menangis. (Pexels)
Ilustrasi menangis. (Pexels)

Melegakan Stres

Baca Juga: Tenang, 4 Makanan Ini Bisa Redakan Mood Swing

Rasa lega yang kita rasakan setelah menangis datang dari proses lepasnya hormon stres dan toksin dari tubuh, sehingga tekanan yang dialami tubuh pun berkurang. Buat kamu yang sedang sedih, jangan dipendam ya! Menyimpan perasaan sedih dapat mengakibatkan darah tinggi atau sakit kepala, sebaiknya lepaskan bebanmu dengan cara menangis.

Memperbaiki mood

Hal paling sederhana untuk memperbaiki mood adalah menangis! Bahkan efek yang didapatkan bisa melebihi antidepresan lho. Hal ini sudah dibuktikan dengan sebuah studi yang dilakukan oleh University of South Florida.

Sedih karena susah move on dari mantan. (Unsplash/Becca McHaffie)
Ilustrasi menangis. (Unsplash/Becca McHaffie)

Membuat mata sehat

Baca Juga: Ternyata Begini Sikap Zodiak Cewek ketika Melihat Cowok Menangis

Air mata yang keluar saat menangis dapat membersihkan mata dari debu dan kotoran, lho. Air mata juga berfungsi sebagai lubrikan untuk kelopak dan bola mata yang akan membuat penglihatan semakin baik.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI