4 Barang Kewanitaan yang Mendesak Dibutuhkan Korban Bencana

Semoga bantuan kecil kita bisa meringankan beban mereka.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 01 Oktober 2018 icon 16:55 WIB
4 Barang Kewanitaan yang Mendesak Dibutuhkan Korban Bencana

Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)

Gempa dan tsunami di Palu dan Dongala, Sulawesi Tengah, Jumat (28/09/2018) kemarin memberikan dampak besar bagi Indonesia. Ribuan pengungsi tentu sangat membutuhkan banyak bantuan. Selain bantuan pangan dan pakaian pantas pakai, ada banyak yang hal lain yang dibutuhkan korban bencana, termasuk barang kewanitaan.

Pemerintah sudah berusaha mengirimkan bantuan yang dibutuhkan dalam jumlah banyak untuk para korban. Meski begitu, bantuan dari seluruh masyarakat Indonesia jelas sangat dibutuhkan. Jadi, tidak perlu ragu lagi untuk mengumpulkan bantuan sebanyak-banyaknya untuk para pengungsi gempa dan tsunami.

Jika bingung ingin memberi bantuan apa, kamu bisa banget mendahulukan memberi bantuan korban bencana sesuai kebutuhan mendesak para pengungsi, seperti barang kewanitaan. Apa saja, sih?

1. Pembalut wanita

Salah satu barang kewanitaan yang sangat diperlukan oleh para pengungsi adalah pembalut. Bagi perempuan yang tengah mengalami datang bulan, ini adalah kebutuhan yang super mendesak.

Kurangnya ketersediaan pembalut wanita bisa menjadi masalah tersendiri bagi para korban bencana alam. Jadi, ada baiknya barang kewanitaan ini dimasukkan dalam daftar prioritas.

2. Pantyliner

Kegunaannya hampir mirip dengan pembalut wanita. Ini bisa digunakan untuk menjaga area kewanitaan tetap kering dan tidak terlalu lembab. Bisa juga bermanfaat untuk menjaga celana dalam tidak kotor karena cairan alami yang keluar dari area kewanitaan.

Biasanya ketika suasana sedang genting setelah bencana, kebutuhan celana dalam pun juga langka. Ini bisa menjadi solusi alternatif agar celana dalam bisa dipakai lebih dari sekali.

Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)
Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)

3. Popok untuk wanita lansia

Sebagian lansia ada yang memang sudah menggunakan popok khusus dalam kesehariannya. Kebutuhan itu tidak bisa diabaikan begitu saja saat kemudian terjadi bencana alam.

Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)
Ilustrasi gempa bumi. (Pixabay)

4. Pakaian dalam

Jika sudah berhari-hari tidak mengganti pakaian dalam, berbagai virus dan bakteri bisa memicu munculnya penyakit. Padahal fungsi utama pakaian dalam adalah melindungi area sensitif dari kuman dan bakteri.

Itulah kenapa bukan hanya pakaian luaran pantas pakai saja yang penting dalam daftar bantuan korban bencana. Pakaian dalam juga menjadi barang kewanitaan yang mendesak dibutuhkan para pengungsi dan korban bencana.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI