Menurut Penelitian, Pecinta Kucing Hidupnya Lebih Bahagia

Cat lovers mana suara, nih?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 02 Oktober 2018 icon 13:29 WIB
Menurut Penelitian, Pecinta Kucing Hidupnya Lebih Bahagia

Kucing. (Unsplash/Anton Darius)

Kucing sudah menjadi hewan peliharaan sejak zaman dulu. Namun, kenapa banyak yang suka memelihara kucing? Ternyata ada penelitian yang mengungkapkan jika pecinta kucing hidupnya lebih bahagia.

Memang ada beberapa orang yang mempunyai alergi dengan bulu sehingga tak bisa memelihara hewan peliharaan berbulu, salah satunya kucing. Meski begitu, menyukai binatang peliharaan adalah kelebihan tersendiri, lho. 

Ada hal penting yang perlu kamu ketahui. Rupanya, menyukai kucing punya manfaat yang akan membuat hidup menjadi lebih bahagia dan panjang umur.

Baca Juga: Lindswell Kwok, Pecinta Kucing yang Kini Jadi Ratu Wushu Asia

Dilansir dari Healthline, penelitian yang dilakukan di Australia ini menemukan fakta bahwa pemilik kucing memiliki kesehatan psikologis yang lebih baik dibanding mereka yang tidak memiliki hewan pemeliharaan. Tingkat stres seseorang yang memelihara kucing juga tergolong lebih rendah.

Hasil penelitian ini menyebutkan pemilik hewan peliharaan merasakan hidupnya jadi lebih bahagia, percaya diri, dan jarang gelisah. Mereka juga merasakan lebih baik soal kualitas tidur dan sikap saat menghadapi masalah.

Kucing. (Unsplash/Ludeula Ferna)
Kucing. (Unsplash/Ludeula Ferna)

Bahkan untuk anak-anak, mempunyai peliharaan kucing juga manfaat baik. Anak-anak yang mempunyai hewan peliharaan akan punya kualitas hidup lebih baik, lebih bahagia, dan bisa belajar bertanggung jawab.

Baca Juga: Karakter Pria Bisa Dibaca Melalui Hewan Peliharaannya

Semakin dekat hubungan anak dengan hewan peliharaan, semakin baik kesehatan emosional anak. Misalnya, anak lebih bersemangat di sekolah dan tidak mudah merasa kesepian bahkan saat sendirian.

Kucing. (Unsplash/Chris Yang)
Kucing. (Unsplash/Chris Yang)

Mungkin beberapa orang tua merasa khawatir terhadap penyakit yang mungkin bisa ditularkan oleh kucing. Namun, selama kebersihan dan kesehatan kucing peliharaan dijaga, risiko penyakit lebih kecil dan tidak perlu khawatir tentang kesehatan anak.

Baca Juga: 7 Ilustrasi Suka Duka Memelihara Kucing Sphynx

Itulah sedikit penjelasan tentang pecinta kucing hidupnya lebih bahagia. Apakah kamu merasakan hal yang sama?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI