Unik, Inilah 4 Fakta Menarik tentang Orang Kidal

Orang kidal bukan cuma unik, tapi juga memiliki fakta menarik!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 02 Oktober 2018 icon 18:11 WIB
Unik, Inilah 4 Fakta Menarik tentang Orang Kidal

Ilustrasi kidal. (Pixabay)

Kamu pernah dengar tentang orang kidal? Kidal sama artinya dengan left handed alias cenderung menggunakan tangan kiri dalam beraktivitas.

Nggak cuma unik, ternyata orang kidal juga memiliki fakta-fakta menarik seperti yang DewiKu jelaskan di bawah ini. Simak, ya.

Kidal dan kerja otak

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Atlet Ganteng, Jonatan Christie

Otak kanan bertugas mengatur tubuh sebelah kiri. Begitu juga sebaliknya, otak kiri akan bekerja untuk mengatur tubuh yang kanan. Jadi, orang yang kerja otaknya dominan kanan cenderung menjadi seorang kidal.

Meskipun begitu, jangan khawatir, ya. Otak kanan maupun otak kiri, keduanya sama-sama baik, kok. Mereka memiliki kelebihan masing-masing.

Jangan merasa rendah diri hanya karena kamu nggak bisa melakukan pekerjaan dengan tangan kanan, ya.

Ilustrasi kidal. (Pixabay)
Ilustrasi kidal. (Pixabay)

Beda otak kanan dan kiri

Otak kiri manusia didesain untuk mengatasi masalah yang terkait dengan logika dan ilmu pasti seperti angka-angka, sedangkan otak kanan cenderung pada hal yang lebih abstrak seperti kemampuan berbahasa dan seni. Itulah sebabnya orang yang otak kirinya lebih dominan akan berprestasi di bidang eksakta atau hitung-hitungan.

Namun bukan berarti kamu yang kidal nggak bisa berprestasi, ya. Hanya saja dalam jalur yang berbeda, yakni yang sesuai dengan kerja otak kalian, misalkan sebagai musikus atau pelukis.

Kidal dan orang kreatif

Kenapa orang kidal kebanyakan kreatif? Ternyata ini bukan sebuah kebetulan. Jika merujuk pada penjelasan di atas, maka sudah jelas jika orang kidal bekerja dengan otak kanan yang lebih dominan dibandingkan otak kirinya.

Otak kanan sering terkait dengan hal-hal yang abstrak seperti seni, musik, bahasa dan emosi. Orang yang bekerja dengan otak kanan cenderung memiliki imajinasi yang tinggi. Itulah sebabnya kebanyakan seniman yang sukses adalah orang kidal.

Ilustrasi kidal. (Pixabay)
Ilustrasi kidal. (Pixabay)

Jangan paksa diri menjadi 'normal'

Hanya karena kamu aktif memakai tangan kiri, bukan berarti kamu nggak normal. Satu hal yang pasti, jangan pernah paksakan dirimu menjadi orang normal dengan menggunakan tangan kanan.

Sebuah penelitian membuktikan jika orang kidal yang dipaksa menjadi 'right handed' akan mengalami banyak kendala dalam hidupnya, mulai dari kerja otak yang sembrawut hingga merasa tertekan dan depresi.

Jadi buat kamu yang kidal, jangan minder, ya! Banggalah dengan keunikan kalian dan buktikan jika kalian tetap bisa berprestasi dengan tangan kiri. Ingat, jangan paksakan melakukan sesuatu dengan tangan kanan karena itu berkaitan langsung dengan kerja otak.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI