Waspada Girls, 3 Gangguan Tidur Ini Bikin Kamu Ngantuk Seharian

Gangguan tidur juga bisa bikin kamu nggak produktif!

By: Tinwarotul Fatonah icon Jumat, 05 Oktober 2018 icon 13:23 WIB
Waspada Girls, 3 Gangguan Tidur Ini Bikin Kamu Ngantuk Seharian

Ilustrasi tidur. (Shutterstock)

Girls, kamu pernah merasa sangat lelah dan ngantuk seharian? Mungkin kebanyakan orang akan bilang jika kamu lelah dan kurang tidur. Faktanya, orang yang merasa ngantuk seharian bukan cuma karena lelah aja. Gangguan tidur juga bisa jadi penyebab kamu menguap sepanjang hari lho! Inilah 3 di antaranya.

Narkolepsi

Gangguan tidur yang pertama ini disebut dengan narkolepsi, yaitu gangguan pada saraf yang menyebabkan seseorang tidak mampu untuk mengontrol siklus tidur dan bangun. Dampaknya, orang yang menderita narkolepsi akan kesulitan mengendalikan rasa kantuk sehingga mereka bisa tidur di mana saja dan kapan saja.

Baca Juga: Waduh, Berikut 3 Bahaya Tidur Terlalu Lama

Kamu pernah dengar tentang sleep attack? Ini adalah peristiwa di mana seseorang bisa tidur mendadak saat sedang bekerja bahkan berkendara, dan ketika terbangun mereka tidak akan mengingat apa yang sudah terjadi. Nah, sleep atack inilah yang paling sering menimpa penderita narkolepsi.

Tidur tengkurap. (Pexels)
Ilustrasi tidur . (Pexels)

Obstructive Sleep Apnea (OSA)

Obstructive Sleep Apnea adalah kondisi di mana seseorang berhenti bernapas saat tidur. Hal ini bisa berlangsung selama 10-20 detik dan mungkin berulang hingga ratusan kali ketika tidur.

Baca Juga: Nggak Bisa Tidur Nyenyak Menjelang Pernikahan? Ini Solusinya

Contah Obstructive Sleep Apnea yang paling umum dijumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah ngorok alias mendengkur dan tersedak saat tidur. Jika kejadian ini berlangsung terus menerus, tentu saja siklus tidur akan terganggu. Akibatnya kamu akan terbangun dengan kondisi tidak fit dan merasa lemas seharian.

Pakai kaus kaki basah saat tidur/Quora
Ilustrasi tidur. (Quora)

Restless Legs Syndrome

Apakah kamu pernah kesulitan tidur karena kaki pegal atau kesemutan? Hal ini tentu bikin nggak nyaman dan menggangu siklus tidurmu. Rupanya kondisi dinamakan dengan Restless Legs Syndrome, Girls.

Baca Juga: Inemuri, Budaya Tidur saat Bekerja di Jepang

Restless Legs Syndrome adalah kelainan saraf yang menyebabkan seseorang tidak dapat mengendalikan pergerakan kakinya, sehingga mereka merasa gelisah dan tidak bisa memejamkan matanya dengan tenang. Jika hal ini terjadi terus menerus, maka kamu akan merasa sangat lelah karena kurang istirahat. Ada baiknya kamu menemui dokter dan berkonsultasi agar masalah gangguan tidurmu dapat diatasi.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI