Kisah Inspiratif Aktivis Cantik Berkursi Roda asal Pakistan

Aktivis cantik ini dicintai banyak orang tapi dibenci oleh mantan suami.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 07 Oktober 2018 icon 13:33 WIB
Kisah Inspiratif Aktivis Cantik Berkursi Roda asal Pakistan

Muniba Mazari. (Instagram/@muniba.mazari)

Muniba Mazari itulah tokoh utama dari kisah inspiratif aktivis cantik berkursi roda asal Pakistan ini. Tak hanya menjadi aktivis, ia juga merupakan seniman dan model Pakistan yang sangat dicintai di negaranya.

Dikutip dari laman BBC, Muniba Mazari mendapat julukan The Iron Lady of Pakistan. Julukan tersebut berhubungan dengan kisah hidupnya. Meskipun duduk di atas kursi roda, ia tetap menginspirasi dengan segala kiprah kemanusiaan dan semangat hidupnya.

Muniba Mazari mengalami kecelakaan tragis yang membuatnya harus duduk di kursi roda. Peristiwa naas tersebut terjadi tahun 2007 saat dia naik mobil bersama pria yang kala itu masih menjadi suaminya, Khurram Shahzad.

Baca Juga: Rebekah Marine, Model Cantik Pertama dengan Lengan Bionik

Muniba Mazari. (Instagram/@muniba.mazari)
Muniba Mazari. (Instagram/@muniba.mazari)

Wanita 31 tahun ini berbagi cerita tragisnya di dalam berbagai wawancara dengan media. Hari itu sang suami tertidur saat menyetir sehingga mereka mengalami kecelakaan. Muniba Mazari terluka parah hingga membuatnya tidak bisa merasakan kakinya lagi.

Muniba Mazari dirawat di rumah sakit sampai dua tahun dan selama itu juga dia hanya bisa berbaring di atas tempat tidur. Nasib sial di dalam hidupnya tidak berhenti di situ saja.

Saat divonis tidak bisa berjalan lagi dan harus memakai kursi roda, suaminya pun menceraikan dan meninggalkannya begitu saja. Lelaki itu membawa seorang anak laki-laki yang mereka adopsi. Bukan hanya suami, ayahnya pun meninggalkan keluarganya.

Baca Juga: Kisah Sara Meddings, Penderita Kanker yang Inspiratif

Muniba Mazari. (Instagram/@muniba.mazari)
Muniba Mazari. (Instagram/@muniba.mazari)

Ketika hanya bisa berbaring di tempat tidur selama dua tahun, Muniba Mazari merasa tak berdaya dan putus asa. Namun akhirnya ia tersadar, tak boleh menyerah dengan keadaan.

Suatu hari, wanita yang sekarang diangkat menjadi duta PBB untuk Pakistan ini mulai mencoba melukis di atas tempat tidurnya. Ini ia lakukan sebagai rasa pelampiasan agar tidak menyerah dalam menghadapi ujian hidup begitu saja.

Tidak disangka, tibalah hari yang menjadi titik balik dalam hidupnya. Seorang gubernur menjenguknya dan membeli semua karya lukisnya.

Sejak saat itulah sosok Muniba Mazari menjadi populer dan karya seninya semakin disukai banyak orang. Kebanyakan dari lukisannya pun bertemakan tentang wanita Pakistan dan bagaimana seorang wanita mengejar mimpinya.

Muniba Mazari bukan hanya seorang seniman biasa, ia adalah seniman bidadari yang mempunyai kebaikan hati luar biasa. Dia aktif terlibat kegiatan kemanusiaan melalui organisasinya, Muniba Mazari Foundation. Organisasi ini membuat gerakan fooddrive, yaitu memberikan makanan enak pada mereka yang membutuhkan.

Muniba Mazari. (Instagram/@muniba.mazari)
Muniba Mazari. (Instagram/@muniba.mazari)

Sekarang ia sangat populer juga sebagai model. Muniba Mazari menjadi model berkursi roda pertama di Pakistan. Beberapa brand besar pun sudah mengontraknya sebagai model, seperti The Body Shop dan Pond's.

Selain itu, ia juga sering diundang ke berbagai negara karena sosoknya yang sangat menginspirasi. Muniba Mazari masuk dalam daftar 100 wanita paling inspiratif di dunia yang dirilis oleh BBC.

Saat Muniba Mazari sedang berada di atas puncak popularitas, ia mendapatkan cobaan baru. Sang mantan suami tiba-tiba melayangkan gugatan atas tuduhan melakukan kebohongan publik dan telah melakukan pencemaran nama baik. Ini berkaitan dengan peristiwa kecelakaan tragis yang mereka alami.

Muniba Mazari. (Instagram/@muniba.mazari)
Muniba Mazari. (Instagram/@muniba.mazari)

Menghadapi masalah yang ditimbulkan sang mantan suami, Muniba Mazari pun memilih untuk tidak berkomentar banyak. Ia memilih tetap fokus melakukan kegiataan kemanusiaan, berbagai kisah inspiratifnya ke berbagai negara, dan menjalani terapi untuk bisa berdiri lagi. Muniba Mazari menyerahkan permasalahan tersebut pada pengacaranya.

Semoga kisah inspiratif aktivis cantik Pakistan berkursi roda ini bisa menginspirasi banyak orang yang sedang merasa putus asa menjalani hidupnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI