5 Makanan yang Baik Dikonsumsi setelah Berolahraga, Apa Saja Ya?

Selain buah-buahan, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi ayam.

By: Agung Pratnyawan icon Minggu, 07 Oktober 2018 icon 18:10 WIB
5 Makanan yang Baik Dikonsumsi setelah Berolahraga, Apa Saja Ya?

Siwon Super Junior Olahraga. (Instagram/@siwonchoi)

Olahraga tentunya akan menguras tenaga. Untuk mengembalikan asupan yang hilang, ada beberapa makanan yang baik dikonsumi setelah berolahraga.

Selain istirahat setelah berolahraga, kita juga wajib mengisi tubuh dengan makanan. Tapi, jangan sampai asupan yang kamu makan membuat olahragamu sia-sia. Disarankan untuk mengkonsumsi karbohidrat serta protein yang baik untuk tubuh.

So, apa saja ya makanan yang baik dikonsumsi setelah berolahraga? Simak di bawah ini yuk!

Baca Juga: Ini Alasan Kolagen Baik untuk Kecantikan dan Kesehatan

1. Buah

Asupan makanan yang wajib dikonsumsi setelah berolahraga yaitu buah. Disarankan untuk mengkonsumsi buah pisang. Kandungan potasium dalam pisang dapat mengembalikan elektrolit dalam tubuh yang hilang akibat berkeringat setelah berolahraga.

Kamu bisa juga mengonsumsi buah jeruk yang mengandung vitamin C. Vitamnin C baik dalam membantu pemulihan otot yang lelah.

Baca Juga: Mitos Olahraga Ini Nggak Perlu Kamu Percayai Lagi

Buah anggur. (Pixabay)
Ilustrasi buah. (Pixabay)

2. Susu Coklat

Siapa yang nggak menyangka ternyata susu coklat menjadi salah satu makanan yang baik dikonsumsi setelah berolahraga? Selain mempunyai rasa yang enak, susu coklat bisa menjadi sumber karbohidrat dan protein yang baik.

Selain itu, coklat juga bermanfaat untuk meningkatkan mood. Disarankan, memilih skimmed milk dan konsumsi susu yang kadar gulanya rendah.

3. Low fat yoghurt

Low fat yoghurt menjadi pilihan makanan yang nggak kalah enak. Kamu bisa tambahkan oatmeal sebagai sumber serat yang baik bagi pencernaan. Madu juga bisa menjadi topping yang tepat, karena dapat mengembalikan energi setelah lelah berolahraga.

Mencampurkan low fat yoghurt dengan buah-buahan segar juga enak dan menyehatkan!

4. Salmon

Salmon dikenal dengan kandungan omega 3 yang melimpah. Omega 3 ini dapat mengurangi rasa sakit atau inflamasi pada otot. Maka dari itu, makanan ini sangat disarankan untuk kamu setelah berolahraga.

Ilustrasi ikan salmon. (Pexels)
Ilustrasi ikan salmon. (Pexels)

5. Ayam

Salah satu makanan yang baik dikonsumsi setelah berolahraga adalah ayam. Ayam mempunyai kandungan protein yang diperlukan tubuh ketika lelah. Disarankan untuk mengkonsumsi daging ayam tanpa kulit dan memasaknyapun dengan cara direbus, dikukus, atau dipanggang.

Baca Juga: Tips Diet Buat Kamu yang Ingin Jadi Pelari Maraton

Jika ingin tetap digoreng, kamu bisa menggunakan minyak zaitun yang jauh lebih sehat daripada minyak goreng biasa.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI