Inilah Kenapa Air Lemon Dingin Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Selain lebih efektif, air lemon dingin juga lebih segar!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Senin, 08 Oktober 2018 icon 13:00 WIB
Inilah Kenapa Air Lemon Dingin Efektif untuk Turunkan Berat Badan

Lemon water. (Unsplash)

Mengolah lemon menjadi minuman menyegarkan adalah salah satu ritual andalan bagi yang sedang menjalani diet. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab air lemon diyakini mampu bantu turunkan berat badan.

Jika selama ini kamu bikin air lemon dengan suhu biasa, coba deh buat air lemon dalam suhu dingin. Karena dilansir dari Boldsky, inilah alasan mengapa air lemon dingin bisa membantu turunkan berat badan lebih efektif.

1. Rendah Kalori

Baca Juga: Belum Gajian? Ikuti Cara Ini untuk Manikur di Rumah

Air dingin yang diisi potongan lemon adalah minuman bebas kalori. Air mineral memiliki nol kalori, sedangkan satu lemon hanya mengandung 17 kalori. Bandingkan dengan jus jeruk yang memiliki 39 kalori.

Maka dari itu, alih-alih minum segelas jus jeruk, minum air lemon dingin saja untuk mengurangi asupan kalori harian.

Lemon water. (Unsplash)
Lemon water. (Unsplash)

2. Meningkatkan metabolisme

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan 6 Bahan Alami

Air lemon dikenal dapat meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang kemudian membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, jika tubuh Anda terhidrasi pada tingkat yang tepat, itu dapat meningkatkan fungsi mitokondria.

Mitokondria menarik nutrisi dari sel, memecahnya dan mengubahnya menjadi energi sehingga metabolisme menjadi lebih teratur.

3. Membuat perut terasa kenyang

Minum air jeruk nipis adalah cara yang baik untuk menjaga perut terasa penuh. Hal ini dapat mencegah mengidam makanan yang tidak diinginkan.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2008 mengungkapkan bahwa minum setengah liter air sebelum sarapan dapat menurunkan jumlah kalori yang dikonsumsi sebesar 13 persen.

Studi lain juga menemukan bahwa minum air jeruk lemon sebelum makan meningkatkan rasa kenyang, sedangkan meminumnya selama makan bisa mengurangi rasa lapar.

4. Detoksifikasi

Air lemon membersihkan tubuh dan membantu menurunkan berat badan. Dengan rutin mengkonsumsi lemon, racun-racun yang ada di tubuh akan lebih mudah dikeluarkan sehingga meningkatkan kinerja tubuh.

Lemon water. (Unsplash)
Lemon water. (Unsplash)

5. Memerangi radikal bebas

Vitamin C dalam kandungan lemon membantu dalam memerangi stres oksidatif di dalam tubuh. Vitamin C bekerja dengan mencegah oksidasi senyawa di dalam sel tubuh.

Radikal bebas erat kaitannya dengan LDL atau kolesterol jahat. LDL teroksidasi dapat menyebabkan pembentukan plak aterosklerosis yang dapat menyebabkan penyakit jantung. Oleh karena itu, minum air lemon dingin dapat memerangi kerusakan radikal bebas dan mengurangi tingkat kolesterol jahat.

Lalu, berapa banyak air lemon yang harus dikonsumsi setiap harinya untuk menurunkan berat badan?

Baca Juga: Stretchmark Mengganggu? Samarkan dengan 5 Bahan Alami Ini

Seseorang yang beratnya kurang dari 150 pon (68 kg) harus menggunakan setengah jus lemon ke dalam 8 hingga 12 ons (236 hingga 354 ml) air dingin yang disaring. Dan seseorang yang memiliki berat lebih dari 150 pon dapat minum air jeruk dalam jumlah yang sama dua kali dalam sehari. Biar efeknya lebih terasa, minumlah air lemon dingin di pagi hari ya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI