Ini Bahaya Terus Menatap Layar Ponsel, Bikin Cepat Tua!

Bikin cepat tua dan keriputan. Duh!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 09 Oktober 2018 icon 15:30 WIB
Ini Bahaya Terus Menatap Layar Ponsel, Bikin Cepat Tua!

Ilustrasi handphone iPhone. (Unsplash/Tyler)

Ponsel menjadi alat yang sangat penting di zaman milenial ini. Namun, ada bahaya yang mengintai jika terus menatap layar ponsel. Bisa bikin cepat tua dan keriput.

Terlalu lama menatap ponsel bisa menyebabkan gangguan kesehatan yang disebut leher kaku. Kesehatan mental juga bisa dipengaruhi dari kebiasaan bermain ponsel, lho. Nah, satu lagi kerugian akibat terlalu lama terpapar cahaya layar ponsel, yaitu menyebabkan penuaan dini.

Studi yang dilakukan oleh US National Library of Medicine mengungkapkan bahwa paparan cahaya biru high energy visible (HEV) dari ponsel dalam waktu lama bisa mempercepat penuaan. Banyak tanda yang nampak, seperti hiperpigmentasi, keriput, serta garis wajah yang semakin nyata.

Baca Juga: 3 Kebiasaan Harian Sederhana untuk Menjaga Kesehatan Mental

Ilustrasi mengecek handphone pasangan. (Unsplash/Charis Gegelman)
Ilustrasi main handphone. (Unsplash/Charis Gegelman)

Kamu bisa meminimalisir risiko penuaan dini ini dengan cara membatasi pengunaan ponsel. Cara kedua adalah menggunakan tabur surya yang tak hanya melindungi kulit dari paparan sinar matahari, melainkan juga bisa menghambat cahaya HEV.

Salah satu cara mudah lainnya adalah dengan mengubah mode ponsel menjadi night mode. Ini agar cahaya dari ponsel menjadi lebih redup. Cara ini juga bisa membantu melindungi kulit agar tak mengalami penuaan dini.

Ilustrasi mengecek handphone pasangan. (Unsplash/Daria Nepriakhina)
Ilustrasi main handphone. (Unsplash/Daria Nepriakhina)

Cara-cara pencegahan tersebut juga berguna menjaga mata tetap sehat. Kamu juga disarankan untuk melapisi layar ponsel dengan pelapis khusus yang bisa menghambat paparan sinar HEV.

Baca Juga: Hubungan Sering Putus Nyambung? Nggak Baik untuk Kesehatan Mental

Baca Juga: Nggak Perlu Bayar Mahal, Usir Keriput di Tangan dengan Bahan Ini

Itulah sedikit penjelasan mengenai bahaya terus menatap layar ponsel. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita agar lebih waspada.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI