6 Barang Ini Ternyata Mengandung Banyak Kuman

Mungkin selama ini kamu tidak menyadarinya.

By: Dinar Surya Oktarini icon Senin, 15 Oktober 2018 icon 16:11 WIB
6 Barang Ini Ternyata Mengandung Banyak Kuman

Botol air minum. (Unsplash/Shrey Gupta)

Selama ini mungkin kamu menganggap toilet adalah sarang kuman paling banyak. Namun ternyata, barang-barang yang selama ini kamu kira bersih nyatanya penuh dengan kuman.

Beriku DewiKu punya daftarnya, inilah lima barang sehari-hari yang mengandung banyak kuman.

1. Ponsel

Baca Juga: Jangan Remehkan, Ini Rahasia di Balik Sabun Batangan

Bisa dibilang ponsel adalah barang yang tidak bisa lepas dari tangan barang semenit pun. Padahal panas yang dihasilkan ponsel menjadi tempat yang nyaman bagi bakteri untuk berkembang biak. Apalagi bakteri dan virus mudah menyebar pada permukaan kaca seperti layar ponsel.

Ilustrasi handphone Android. (Unsplash/Pricilla)
Ilustrasi handphone Android. (Unsplash/Pricilla)

 

2. Gagang pintu atau laci

Baca Juga: Tips Membedakan Barang Asli dan KW

Banyak hal yang kita lakukan sehari-hari melibatkan pegangan pintu dan laci. Kuman dan bakteri dari tangan akan berpindah ke pegangan pintu, begitu pula sebaliknya. Belum lagi, ada banyak orang yang juga ikutan memegang pegangan pintu dan laci tersebut. Hiii.

3. Bantal dan seprai

Riset menemukan saat di seprai, manusia memproduksi 26 galon keringat per tahun. Seprai yang hangat menjadi tempat berkembangnya bakteri dan jamur. Jarang ganti sarung bantal, atau bahkan jarang menjemur bantal, berpotensi menjadikannya sebagai sarang jamur pemicu alergi nomor satu di kamar tidur. Maka dari itu cucilah seprai seminggu sekali dan jemur bantal secara rutin agar tubuh tidak terinfeksi kuman dari kuman.

Bantal. (Unsplash/Martin Castro)
Bantal. (Unsplash/Martin Castro)

 

4. Botol air minum

Riset dari Universitas Calgary mengambil sampel air dari 70 botol air yang tidak dicuci dan menemukan banyak kuman menempel. Kuman tersebut ternyata berasal dari mulut. Ketika botol tidak dicuci, kuman terus berkembang. Jadi mulai sekarang, cucilah selalu botol minum meski terlihat bersih ya!

5. Pakaian dalam

Pakaian dalam merupakan tempat berkumpulnya keringat, kuman dan sekresi. Meski pakaian dalam berbahan katun disebut-sebut lebih baik ketimbang material lain, tetap saja, kuman banyak dijumpai di sana. Disarankan mencuci pakaian dalam dengan air yang amat panas untuk membunuh kuman pada pakaian dalam. Selain itu perhatikan juga tempat penyimpanannya. Usahakan tidak lembap dan mudah berdebu.

6. Handuk

Baca Juga: Singkirkan Barang-Barang Ini Biar Ruanganmu Nggak Sumpek

Riset pada 2013 menemukan 25% bakteri E. coli yang diteliti berkembang di handuk mandi. Jadi mulai sekarang, rajinlah mencuci handuk mandi karena kita pasti memakai handuk mandi yang sama untuk mengeringkan tubuh setiap hari. Apalagi jika menggunakan handuk mandi bersama-sama dengan orang lain, itu sama saja saling menularkan kuman. Oleh sebab itu sebaiknya handuk dicuci setelah tiga atau empat kali pemakaian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI