Ingin Menjaga Berat Badan? Ini Tips Diet Golongan Darah

Tertarik mencoba pedoman dasar menurunkan berat badan ini?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 16 Oktober 2018 icon 18:11 WIB
Ingin Menjaga Berat Badan? Ini Tips Diet Golongan Darah

Ilustrasi program diet. (Unsplash/Jamie Matociños)

Diet tak hanya soal mendapatkan penampilan dengan tubuh ideal, namun juga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Jika kamu ingin menjaga berat badan dan menghindar dari risiko penyakit, tips diet golongan darah ini bisa kamu lakukan.

Ketika kita menjaga pola makan sehat, itu tandanya kita mengurangi risiko penyakit yang datang menyerang tubuh. Dari sekian banyak metode diet, mungkin kita masih bingung mau memilih yang tepat. Sebagai permulaan, disarankan untuk mencoba diet golongan darah.

Diet golongan darah memang bukan metode baru. Terbilang cukup dasar karena dibedakan sesuai golongan darah masing-masing. Mengapa diet golongan darah dijadikan pedoman untuk menurunkan berat badan?

Baca Juga: 5 Kebiasaan Ini Bisa Turunkan Berat Badan Secara Cepat, Lho!

Golongan darah adalah satu-satunya cara untuk menjelaskan mengapa banyak paradoks yang terjadi di dalam penelitian seputar diet dan kemampuan bertahan atas suatu penyakit.

Metode ini membuat pedoman seputar makanan yang dikonsumsi oleh setiap golongan darah. Pedoman ini terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu wajib dikonsumsi, boleh dikonsumsi, dan yang harus dihindari.

Simak penjelasan lebih lanjut di bawah ini, yuk. Keep scrolling!

Baca Juga: Suka Tidur dengan Posisi Menyamping? Ini Manfaatnya

Golongan darah O

Kalian yang mempunyai golongan darah O, dianjurkan mengonsumsi daging, seperti daging sapi tanpa lemak, ayam, dan ikan. Makanan yang perlu dihindari adalah biji-bijian, roti, dan yang berbahan dasar tepung.

Selain itu golongan darah O juga harus menghindari susu olahan, kafein, dan teh hitam. Boleh mengonsumsi telur tapi secukupnya saja. Harus mempunyai gaya hidup dengan olahraga yang menguras keringat seperti aerobik, berlari, atau bersepeda.

Ilustrasi sayuran sehat. (Unsplash)
Ilustrasi sayuran sehat. (Unsplash)

Golongan darah A

Golongan darah A disarankan untuk mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang segar dan organik. Jangan lupa untuk mengonsumsi protein yang berasal dari kedelai dan biji-bijian. Kalian juga harus menghindari daging dan kentang.

Nah, kalau masalah olahraga, golongan darah A tidak wajib berolahraga yang perlu menguras keringat banyak. Bisa dengan olahraga yoga, meditasi, atau tai chi. Ini juga bermanfaat untuk mencegah stres.

Golongan darah B

Mengonsumsi susu dan produk olahan lainnya yang mengandung rendah lemak diperbolehkan untuk golongan darah B. Selain itu, juga disarankan mengonsumsi sayur-sayuran dan daging. Namun disarankan menghindari daging ayam dan menggantinya dengan daging kambing, domba, atau kelinci.

Hindari pula konsumsi jagung, gandum, kacang, dan tomat. Golongan darah B dikenal rentan stres. Jadi sebaiknya menciptakan jadwal yang teratur dan jangan lupa untuk berolahraga. Olahraga yang direkomendasikan adalah aerobik, tenis, bersepeda, atau golf.

Daging segar. (Unsplash)
Daging segar. (Unsplash)

Golongan darah AB

Pola makan golongan darah AB merupakan kombinasi antara A dan B. Sistem pencernaan golongan darah AB dikenal sangat sensitif, maka sebaiknya hindari daging ayam, sapi, dan babi. Makanan yang diperbolehkan yaitu ikan, tahu, produk olahan susu, sayu, dan buah.

Dianjurkan juga untuk mengonsumsi yogurt dan kefir untuk membantu melancarkan pencernaan. Sebaiknya biasakan makan dalam jumlah dikit namun sering. Melakukan olahraga yang menenangkan, seperti yoga.

Baca Juga: Mengenal Diet Paleo, Diet ala Manusia Purba

Itulah sedikit penjelasan tentang tips diet golongan darah. Semoga bermanfaat, ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI