Awas, Kebiasaan Mengupil Bisa Picu Penyakit Pneumonia

Ayo yang suka mengupil baca ini dulu.

By: Tinwarotul Fatonah icon Sabtu, 20 Oktober 2018 icon 08:03 WIB
Awas, Kebiasaan Mengupil Bisa Picu Penyakit Pneumonia

Mengupil. (Shutterstock)

Rasanya ada perasaan lega ketika berhasil mengambil kotoran yang menumpuk di balik lubang hidung, alias mengupil. Tapi jujur deh, pasti kamu tidak memperhatikan kebersihan jari saat mengupil kan?

Sepertinya setelah membaca artikel berikut, kamu bakal ingin menghentikan kebiasaan tersebut. Dilansir dari World of Buzz, studi baru menemukan kebiasaan mengupil dapat menyebabkan pneumonia.

Menurut sekelompok ilmuwan Inggris, mereka membuktikan bahwa pneumokokus, bakteri yang menyebabkan pneumonia sebenarnya dapat ditularkan menggunakan tangan dan hidung untuk pertama kalinya. Pneumonia dapat mematikan jika tidak ditangani dan biasanya menyebar melalui droplet udara yang berasal dari batuk dan bersin dari individu yang terinfeksi.

Para ilmuwan mempublikasikan hasil mereka di European Respiratory Journal di mana mereka melakukan penelitian berdasarkan sekelompok relawan dewasa.

Mereka menerapkan bakteri pneumokokus pada tangan orang dewasa tersebut dan meminta mereka untuk memilih dari empat tugas yang perlu mereka lakukan, yaitu wet sniff, dry sniff, wet poke, atau dry poke. Ya, intinya mereka disuruh mengupil.

Mengupil. (Shutterstock)
Mengupil. (Shutterstock)

''Studi ini telah menunjukkan tangan dapat menyebarkan bakteri ini juga dan benda-benda seperti ponsel atau mainan anak-anak juga bisa menambah penyebaran bakteri ini,'' kata Victoria Connor, seorang peneliti klinis di Liverpool School of Tropical Medicine dan Rumah Sakit Royal Liverpool.

Penyakit mematikan ini membunuh sekitar 1,3 juta bayi di bawah lima tahun setiap tahun dan meskipun penelitian dilakukan dengan orang dewasa, ia berharap bahwa orangtua anak-anak muda akan memperhatikan dan mudah-mudahan mengurangi risiko anak-anak terjangkit penyakit.

''Mungkin tidak realistis untuk membuat anak berhenti memetik, menusuk dan menggosok hidung mereka. Tetapi bagi orangtua ... memastikan kebersihan tangan yang baik dan pembersihan mainan atau permukaannya mungkin akan mengurangi transmisi, dan mengurangi risiko terkena infeksi pneumokokus seperti pneumonia,'' tambah Victoria.

Hasil dari penelitian menunjukkan sementara bakteri masih aktif di hidung mereka bahkan dengan sampel pneumococcus basah atau kering, jumlah total bakteri yang ditransmisikan dalam kelompok wet sniff dan wet poke lebih tinggi. Ini menunjukkan lubang hidung kering mungkin telah membunuh beberapa bakteri.

Jadi, ingatlah selalu untuk mencuci tangan dan menjaga kebersihannya sebelum mengupil ya!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI