Begini Pesan Pangeran Harry tentang Depresi dan Bunuh Diri

Anak muda rentan memiliki keinginan bunuh diri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 20 Oktober 2018 icon 19:16 WIB
Begini Pesan Pangeran Harry tentang Depresi dan Bunuh Diri

Gelang Pangeran Harry yang dikenakan selama 20 tahun terakhir. (Shutterstock)

Pangeran Harry baru-baru ini menyampaikan pesan inspiratif terkait pentingnya menjaga kesehatan jiwa untuk mencegah bunuh diri. Suami Meghan Markle ini menaruh perhatian lebih kepada generasi muda yang sebenarnya juga rentan mengalami depresi.

Pesan inspiratif soal kesehatan jiwa dan anak disampaikan Pangeran Harry saat mengunjungi Dubbo, Australia, belum lama ini. Kebetulan saat itu masih berdekatan dengan momen Hari Kesehatan Jiwa Sedunia.

Pangeran Harry menyoroti masalah bunuh diri yang kian marak di kalangan anak muda, bahkan di daerah pedalaman. Menurut dia, keinginan bunuh diri sangat rawan muncul saat seseorang mengalami masalah kesehatan jiwa dan kesepian.

Baca Juga: Kisah Tragis, Suami Memalsukan Kematian Tanpa Sepengetahuan Istri

Bagi anak muda yang sedang mengalami masalah kesehatan jiwa, mencari bantuan orang lain mungkin tidak sesederhana yang dibayangkan. Bunuh diri dianggap menjadi jalan pintas keluar dari masalah.

Meskipun begitu, Pangeran Harry meminta siapapun untuk untuk mencari bantuan jika memiliki masalah yang dirasa begitu kompleks. Semua itu, pasti bakal berbuah manis.

Sahabat yang saling mendukung. (Unsplash/Becca Tapert)
Sahabat yang saling mendukung. (Unsplash/Becca Tapert)

''Hal yang perlu Anda lakukan hanyalah bertanya kepada tetangga, teman sebaya, ataupun orang di sekitar Anda. Sangat mungkin mereka juga memiliki masalah, dan ini menjadi kesempatan untuk membicarakan masalah Anda dan saling memberi solusi.'' ujar Pangeran Harry, dilansir dari News, seperti yang dikutip oleh Suara.com.

Baca Juga: Waduh, Makanan Manis Bisa Jadi Penyebab Depresi

Pangeran Harry menuturkan, bercerita kepada orang lain merupakan bentuk pertolongan pertama pada masalah kejiwaan. Lingkungan dan komunitas sangat berperan penting dalam upaya mencegah bunuh diri.

Ilustrasi bersenang-senang bersama sahabat. (Unsplash/Yanapi Senaud)
Ilustrasi bersenang-senang bersama sahabat. (Unsplash/Yanapi Senaud)

Pangeran Harry mengaku juga pernah mengalami masalah kejiwaan. Kala itu, keputusan terbaik yang pernah dia ambil adalah menceritakan masalahnya dan meminta bantuan tenaga profesional.

Baca Juga: Ternyata Minum Kopi Bisa Mencegah Depresi dan Bunuh Diri, Lho!

Masalah kesehatan jiwa bukanlah aib yang harus ditutupi dan ditanggung seorang diri. ''Jangan biarkan diri Anda menderita sendiri. Mencari bantuan adalah keputusan besar yang dapat mengubah hidup Anda menjadi lebih baik,'' kata Pangeran Harry.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI