Inovatif, Akan Ada Alat supaya Ayah Bisa Memberikan ASI

Percaya atau tidak, alat ini sedang dikembangkan.

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 29 Oktober 2018 icon 11:23 WIB
Inovatif, Akan Ada Alat supaya Ayah Bisa Memberikan ASI

Ilustrasi ayah dan bayinya. (Unsplash/Picsea)

Tidak cukup dengan mengandung selama 9 bulan, seorang ibu harus melahirkan dan memberikan ASI pada bayinya. Sementara sang ibu bekerja keras, kebanyakan ayah hanya bertindak sebagai penonton.

Tapi kabarnya, dalam waktu dekat sosok ayah dapat sedikit berkontribusi untuk ikut memberikan ASI. Yup, kamu tidak salah baca.

Dilansir dari Daily Mirror, seorang mahasiswa bernama Marie-Claire Springham, sedang dalam proses membuat 'chestfeeding kit', yakni alat menyusui yang ditujukan untuk pihak ayah.

Baca Juga: Apes! Suami Didenda karena Istri Hampir Melahirkan di Mobil

Mahasiswa desain produk di Central Saint Martin ini punya ide untuk mengembangkan produk agar para ayah dapat membantu para ibu yang berjuang untuk menyusui bayi mereka yang baru lahir.

Seperti yang dikutip Daily Mirror dari The Sun Online, mahasiswa berusia 24 tahun itu mengatakan, ''Saya mencoba menciptakan alat empati, sesuatu yang benar-benar dapat membantu ketika seorang ibu berjuang untuk menyusui dan dapat membantu seorang ayah dalam penggunaan praktis.''

Masih dalam tahap konsepsi, kit ini belum diuji. Alat ini mengandung koktail hormon yang akan diambil pria saat pasangannya hamil untuk ''menumbuhkan saluran susu''.

Baca Juga: 6 Potret Kedekatan Aktris Cewek dengan Ayahnya, Manis Banget!

Ilustrasi ayah dan bayinya. (Unsplash/Jonas Kakaroto)
Ilustrasi ayah dan bayinya. (Unsplash/Jonas Kakaroto)

Hormon utama adalah progestin, suatu bentuk hormon seks wanita progesteron, yang membantu merangsang produksi kelenjar penghasil susu.

Ini akan diikuti oleh putaran domperidone yang sering diberikan kepada ibu yang mengalami kesulitan menyusui karena mendorong produksi prolaktin, hormon yang memberitahu tubuh wanita untuk memproduksi susu.

Namun, ada satu kemungkinan efek samping untuk mengambil hormon wanita. Seorang pria bisa tumbuh man boobs atau payudara hingga ukuran a dan b cup sampai mereka berhenti mengambil hormon tersebut.

Chestfeeding kit ini terdiri dari pompa dan rompi kompresi yang mirip dengan maternity bra.

Marie-Claire berharap idenya akan membantu menghentikan para ayah dari perasaan ditinggalkan saat membesarkan bayi mereka dan percaya bahwa alat itu bisa tersedia dalam waktu lima tahun ke depan.

Namun ada kemungkinan juga produk tersebut tak akan tercipta, sebab para dokter telah memperingatkan kalau tidak ada bukti bahwa pria bisa menumbuhkan saluran susu.

Meski baru konsep, ide ini patut diapresiasi. Apalagi jika betulan tercipta, pasti banyak ibu di luar sana yang sangat terbantu!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI